Jumat 05 Jun 2020 20:50 WIB

Penyanyi Amy Grant Jalani Pemulihan Setelah Operasi Jantung

Amy Grant mengidap penyakit jantung bawaan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Amy Grant dikabarkan telah menjalani operasi jantung.
Foto: EPA
Penyanyi Amy Grant dikabarkan telah menjalani operasi jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Penyanyi Amy Grant menjalani masa pemulihan setelah operasi jantung terbuka. Dia mengidap penyakit jantung bawaan yang disebut partial anomalous pulmonary venous return (PAPVR). Perwakilan Grant mengabarkan operasi tersebut kepada penggemar pada Rabu (3/6) lewat laman resmi Facebook sang penyanyi.

Tim manajemen meminta semua orang mendoakan perempuan 59 tahun yang memopulerkan lagu "Every Heartbeat" itu.

Baca Juga

"Dari Tim Amy - dengan semua hal yang sedang terjadi di dunia kita dan butuh doa kolektif, mohon bergabung dengan kami mendoakan Amy pekan ini karena dia harus menjalani operasi jantung terkait kondisi PAPVR," tulis perwakilan Grant.

Hanya beberapa jam kemudian, para penggemar mendapat pembaruan kabar bahwa operasi yang dijalani Grant berhasil. Tim perwakilan berterima kasih kepada seluruh pihak yang ikut mendoakan, serta berharap Grant segera pulih 100 persen.

"Amy sudah selesai menjalani bedah dan dokter berharap kondisinya semakin membaik. Kami akan memohon kelanjutan doa agar hari-hari, pekan-pekan, dan bulan-bulan ke depan dia bisa pulih sepenuhnya," demikian bunyi pengumuman tersebut.

Februari silam, Grant mengungkap kepada publik bahwa dia mengidap penyakit jantung bawaan PAPVR. Berdasarkan informasi dari Mayo Clinic, PAPVR menyebabkan satu atau lebih vena paru yang membawa darah dari paru ke jantung mengalir ke pembuluh darah lain.

Alih-alih memasuki atrium kiri jantung. darah justru bisa mengalir ke atrium kanan jantung. Akibatnya, pembuluh darah berpotensi melekat ke atrium yang salah dan menyebabkan darah yang kaya oksigen bercampur dengan darah yang minim oksigen.

Sejak 2000, dokter sudah mendesaknya memeriksakan jantung karena Grant punya riwayat penyakit jantung dari sang ayah. Grant yang memenangkan enam kali penghargaan Grammy itu berterima kasih kepada dokternya, John Bright Cage, atas saran tersebut.

Serangkaian tes pada akhirnya menunjukkan kondisi PAPVR yang diidap Grant. Meski harus menjalani operasi, dia tetap melihat sisi positif dari kondisinya. Istri penyanyi Vince Gill itu juga mengingatkan agar semua orang menjaga kesehatan jantung.

"Kabar baik pertamanya adalah aku sama sekali tidak menunjukkan gejala. Kabar baik kedua, ini bisa diperbaiki, jadi alih-alih konser dan perjalanan berkemah musim panas ini, aku akan menjaga jantungku," ujar Grant, dikutip dari laman Today.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement