Jumat 05 Jun 2020 12:04 WIB

Masjid Cut Meutia Gelar Sholat Jumat Sesuai Protokol

Jamaah sholat Jumat masuk tempat wudhu dibatasi.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Cut Meutia Gelar Sholat Jumat Sesuai Protokol. Suasana shalat Jumat di Masjid Cut Mutia Jakarta pada Jumat, (5/6).
Foto: Republika/Rizky Surya
Masjid Cut Meutia Gelar Sholat Jumat Sesuai Protokol. Suasana shalat Jumat di Masjid Cut Mutia Jakarta pada Jumat, (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, kembali menyelenggarakan ibadah sholat Jumat pada hari ini. Pengurus masjid menerapkan protokol kesehatan pencegahan corona sebagaimana diinstruksikan oleh pemerintah.

"Jamaah datang kemari dicek suhu badan. Ada alat lengkap. Alat cuci tangan ada. Ada empat tempat duduk jamaah di luar masjid samping dan belakang. Wudhu dibatasi, enggak langsung ramai semuanya bisa masuk," kata Sekretaris Yayasan Majid Cut Meutia, M Ashraf Ali, kepada wartawan, Jumat (5/6).

Baca Juga

Ashraf menyebut keputusan menggelar sholat Jumat hari ini setelah adanya keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Pelaksanaan sholat Jumat hari ini juga sudah ditinjau oleh Wakil Gubernur DKI Riza Patria pagi tadi guna memastikan kesiapan masjid.

"Jamaah diatur saat sholat. Jaga jarak dan wajib gunakan masker. Lalu, diatur safnya jarak satu meter antarjamaah. Di depan kosong posisi silang sehingga ketika sujud, kepala jamaah tak menyentuh kaki jamaah di belakangnya," ujar Ashraf.

Pengurus masjid juga baru membuka pintu sekitar 30 menit sebelum adzan. Kemudian, masjid sudah tutup lagi 30 menit setelah ibadah dilakukan. Tujuannya agar jamaah tak terus berkumpul di area masjid.

"Sebelum dan setelah ibadah, masjid selalu dibersihkan disinfektan karena tidak gunakan karpet. Mudah-mudahan semua jamaah bisa ikuti ketetapan ini," ujar Ashraf. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement