Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Tips Merawat Kulit Wajah di Rumah Selama Pandemi

Kamis 04 Jun 2020 18:55 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Kulit wajah (ilustrasi).

Kulit wajah (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Jangan pernah menggosok wajah Anda dengan handuk.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Menjalani swakarantina selama tiga bulan terakhir menimbulkan perasaan jenuh dan stres. Perasaan hati yang tak menentu sedikit banyak bisa membuat kulit wajah menjadi kusam. Ditambah lagi, selama pandemi Covid-19 perawatan kulit di klinik kecantikan mesti tertunda.

Pendiri Concepcion Macalintal, Diwatang Maria, berbagi tips perawatan kulit selama pandemi. Berikut penjelasannya seperti dilansir di Business Mirror pada Kamis (4/6):

1. Kenali jenis kulit

Menurut Maria, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali jenis kulit masing-masing. Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda dan tidak semua produk skin care cocok dengan kulit seseorang.

2. Pembersih wajah

Bersihkan wajah sesuai dengan jenis kulit Anda. Orang dengan kulit normal biasanya tidak khawatir ketika mencoba produk apapun di wajahnya. Namun bagi mereka yang memiliki kulit sensitif tidak bisa sembarangan.

Sabun lembut atau busa wajah menjadi terbaik untuk semua jenis kulit. "Untuk kulit berminyak atau sensitif, ada baiknya menggunakan air hangat saat membersihkan wajah dan cukup keringkan dengan handuk bersih, jangan pernah menggosok handuk di wajah Anda," ujar Maria. Carilah bahan-bahan seperti, shea butter, oat, atau lidah buaya, yang dikenal memiliki efek menenangkan pada kulit.

3. Pelembab

Seiring bertambahnya usia, kulit kita kehilangan elastisitasnya. Pelembab dapat membantu kulit tetap kenyal dan terhidrasi. Maria mengingatkan agar mencari pelembab yang cocok untuk jenis kulit, dan mulailah pakai pelembab sedari muda.

4. Tabir surya

Memakai tabir surya adalah suatu keharusan. Sinar UV yang berbahaya dari matahari dapat mempercepat penuaan kulit dan memakai tabir surya sepanjang waktu akan menunda tanda-tanda penuaan.

5. Jaga pola dan asupan makan

Studi medis telah menunjukkan bahwa makanan yang kita makan memengaruhi kulit. Untuk itu, penting mengonsumsi makanan bernutrisi agar kulit menjadi lebih sehat. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi seperti kakao, oat, wortel, telur, dan pepaya.

6. Gunakan produk perawatan kulit herbal

Musuh nomor satu kulit adalah bahan kimia yang secara tidak sadar kita aplikasikan pada wajah, lengan, kaki, dan tubuh. Karena itu, gunakanlah produk skin care yang herbal dan tidak menggunakan bahan beracun.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA