Kamis 04 Jun 2020 16:29 WIB

TikTok Ajak Kreator Bagi-Bagi Ilmu di Medsos

Belajar atau memperkaya diri dengan pengetahuan dapat dilakukan dimana dan kapan saj

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Fuji Pratiwi
Aplikasi TikTok. Platform destinasi video singkat, TikTok mengenalkan kompetisi #BerbagiIlmu bagi semua penggunan sesuai bidang masing-masing.
Foto: www.tiktok.com
Aplikasi TikTok. Platform destinasi video singkat, TikTok mengenalkan kompetisi #BerbagiIlmu bagi semua penggunan sesuai bidang masing-masing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform destinasi video singkat, TikTok mengenalkan kompetisi #BerbagiIlmu bagi semua penggunan sesuai bidang masing-masing. Pengguna ditantang berbagi ilmu pengetahuan di berbagai bidang, seperti pengetahuan umum, bahasa asing, kuliner, kebugaran dan kesehatan, fesyen, teknologi, serta life hacks.

Kepala Pengguna dan Operasi Konten TikTok Indonesia, Angga Anugrah Putra menjelaskan, kompetisi #BerbagiIlmu memperebutkan hadiah total Rp 700 juta dan berakhir pada 17 Juni 2020. Sejak peluncurannya, video-video dengan tagar #BerbagiIlmu mendapatkan lebih dari 1,1 miliar views.

Baca Juga

“#BerbagiIlmu merupakan salah satu komitmen kami menginspirasi belajar atau memperkaya diri dengan pengetahuan dapat dilakukan di mana dan kapan saja," kata Angga dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (4/6).

Apalagi, pandemi membuat masyarakat dianjurkan tetap di rumah saja. Karena itu, dia berharap melalui video berdurasi 15 hingga 60 detik, pengguna dapat berbagi pengetahuan, serta mendapat informasi bermanfaat di TikTok.

Berikut beberapa kreator menginspirasi pengguna TikTok melalui #BerbagiIlmu:

1. Konten teknologi dengan lebih dari 2,2 juta likes.

Irving Tan rupanya menginspirasi pengguna dengan menghadirkan konten bermanfaat berbasis teknologi, mulai dari optimalisasi screen pinning di Android; tips nyaman main gim di iPhone; merawat laptop kesayangan dari bekas stiker. Pelajar SMA asal Pontianak itu mengaku tertarik dengan dunia teknologi sejak kecil, setelah dikenalkan langsung oleh keluarganya.

 

2 Dapat lebih dari 580 ribu likes dengan bagikan rumus pelajaran.

Siapa bilang matematika itu sulit? Bagi para pelajar yang menjalani school from home, pasti menantikan konten Clarista Cahyani. Pelajar asal Jakarta yang sedang berjuang memasuki perguruan tinggi impiannya itu memilih TikTok untuk membagikan pengetahuan matematika. Dia membuat video penyelesaian soal dengan cara sederhana, misalnya soal persamaan atau soal cerita.

 

3 Tips mix and match fesyen pria dengan 530 ribu likes.

Raymond Muaya yang tertarik di bidang fesyen membagikan konten seputar tips memilih busana untuk kaum pria. Tipsnya sangat mudah dipraktekkan, mulai dari tips OOTD, gaya untuk tubuh pendek atau kurus, sampai rekomendasi baju untuk kulit gelap. Serunya lagi, brand clothing buatan Raymond itu juga ikut terkenal berkat tagar #BerbagiIlmu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement