Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Donald Trump Jelaskan Laporan Diungsikan ke Bunker

Kamis 04 Jun 2020 16:27 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Presiden Donald Trump berjalan dari Gedung Putih melalui Lafayette Park untuk mengunjungi Gereja St. John, Washington, Amerika Serikat, Senin (1/6)

Presiden Donald Trump berjalan dari Gedung Putih melalui Lafayette Park untuk mengunjungi Gereja St. John, Washington, Amerika Serikat, Senin (1/6)

Foto: AP/Patrick Semansky
Donald Trump menyebut berita diungsikan ke bunker sebagai laporan palsu.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya buka suara dan menanggapi laporan yang menyebutnya diungsikan ke bunker Gedung Putih saat demonstrasi memprotes kematian George Floyd berlangsung di Washington.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News pada Rabu (3/6), Trump mengakui bahwa dia memang mengunjungi bunker Gedung Putih. Tapi dia mengklaim datang ke tempat itu bukan karena alasan keamanan, tapi hanya sekadar melakukan inspeksi.

Baca Juga

“Itu adalah laporan palsu (yang menyebutnya diungsikan ke bunker). Saya turun di siang hari dan saya berada di sana untuk waktu yang sangat singkat dan lebih untuk inspeksi. Masalah-masalah ini (protes kematian George Floyd) terjadi pada malam hari, bukan siang hari,” kata Trump, seperti dikutip laman The Hill.

Dia pun membantah laporan yang menyebut bahwa agen Secret Service memintanya pergi ke bunker karena insiden keamanan. “Tidak, mereka (Secret Service) sama sekali tidak mengatakan itu pada saya. Mereka mengatakan ini saat yang tepat untuk turun, lihatlah, karena mungkin suatu saat Anda akan membutuhkannya,” ucapnya.

Pada Jumat pekan lalu, Trump dilaporkan diungsikan ke bunker Gedung Putih. Hal itu dilakukan saat massa pendemo mulai membongkar barikade sementara di luar gedung.

Trump dibawa ke bunker pada pukul 19.00 waktu setempat. Istrinya, Melania, dan anaknya Barron turut diungsikan ke bunker. Secret Service kemudian meningkatkan situasi keamanan dari kuning menjadi merah. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA