Kamis 04 Jun 2020 16:04 WIB

Sejak Tinggalkan Real Madrid, Ronaldo Minim Gelar Individu

Ronaldo hanya meraih gelar pemain terbaik Serie A Italia musim 2018/2019.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo.
Foto: Instagram @Cristiano.
Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Sudah dua tahun sejak Christiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid. Pemain asal Portugal ini mencoba peruntungan di Juventus.

Namun kepergiannya dari Los Blancos pada 2018 tidak disertai dengan keberuntungannya. Sejak pindah ke Turin, Ronaldo tidak menikmati kesuksesan, bahkan untuk prestasi individu. Dilansir dari laman Marca, Kamis (4/6), Ronaldo hanya mencatatkan namanya sebagai pemain terbaik Serie A Italia pada musim 2018/2019.

Penghargaan pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) menjadi kenangan manis Ronaldo di Real Madrid. Bahkan Madrid masih memiliki pemain yang mendapatkan Ballon d'Or sejak kepergian Ronaldo, yakni Luka Modric pada 2018. Setelah itu, Messi pun merebut gelar tersebut, menghentikan Ronaldo dari prestasi yang pernah ia dapatkan lima kali.

Sama seperti yang terjadi di penghargaan Ballon d'Or, Modric dan Messi kembali mengalahkan Ronaldo secara beruntun pada 2018 dan 2019 lalu sebagai pemain terbaik Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Pada 2019, Ronaldo bahkan tidak berada di posisi kedua. Bek Liverpool Virgil van Dijk mengalahkannya di posisi kedua.

Sepatu Emas Eropa berhasil didapatkan oleh Ronaldo dua kali pada musim 2013/2014 dan 2014/2015. Musim ini kandidat penghargaan tersebut bisa menjadi milik Robert Lewandowski yang mencetak 29 gol dan 58 poin. Ronaldo hanya mampu berada di posisi kelima dengan 21 gol dan 42 poin. Penghargaan ini pun menjadi milik Messi di tiga musim terakhir.

CR7, julukan Ronaldo, memang menjadi langganan top skorer di setiap tim yang ia bela. Bahkan jika dihitung secara total, Ronaldo berada di atas Messi soal mencetak gol selama kariernya. Sebelum pindah ke Italia, Ronaldo memiliki catatan tujuh kali sebagai top skorer Liga Champions di dua klub, Real Madrid dan Manchester United.

Nama Ronaldo menjadi langganan sebagai pemain terbaik Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Total tiga gelar ia dapatkan saat membela Madrid pada 2014, 2016, dan 2017. Namun kini Modric dan Van Dijk mengalahkannya sejak ia meninggalkan Spanyol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement