Kamis 04 Jun 2020 14:54 WIB

Angka Masih Tinggi, 3 Provinsi Jadi Fokus Utama Pemerintah

Provinsi tersebut, yakni di Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Menko PMK Muhadjir Effendy
Foto: Republika/Prayogi
Menko PMK Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar jajarannya fokus menangani penyebaran covid-19 di tiga provinsi. Provinsi tersebut, yakni di Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. 

"Tim gugus tugas dan semua pihak agar membantu konsentrasi penanganan tiga provinsi. Tiga provinsi yang bapak Presiden meminta agar mendapatkan perhatian yaitu Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan,” kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat konferensi pers, Kamis (4/6).

Baca Juga

Selain itu, Presiden juga memberikan target baru melakukan pemeriksaan PCR hingga 20 ribu per hari. Menurut Muhadjir, pemeriksaan PCR saat ini telah melampaui target sebelumnya, yakni telah mencapai 11 ribu pemeriksaan.

Berdasarkan perhitungan presiden, dengan jumlah peralatan yang semakin bertambah di seluruh daerah saat ini seharusnya pemeriksaan PCR dapat dilakukan hingga 30 ribu per hari.  “Bahkan beliau sudah menyampaikan, mestinya dengan jumlah peralatan sekarang yang jumlahnya 120 unit tersebar di seluruh Indonesia mestinya menurut perhitungan beliau bisa mencapai 30 ribu,” ucapnya.

Muhadjir pun berjanji, kementeriannya bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid dan Kemenkes akan terus mempercepat pemeriksaan PCR sehingga mencapai target hingga 30 ribu pemeriksaan. “Nanti kami dan ketua gugus tugas dan kemenkes akan terus mempercepat untuk target 20 ribu dan selanjutnya kami akan bergerak untuk mencapai target yang ke 30 ribu,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement