Kamis 04 Jun 2020 07:00 WIB

Pemprov Jabar,Telkom University dan Cisco Bangun Kota Cerdas

CDA fokus pada pemerintahan digital, industri digital, BUMN digital, keamanan siber

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Hiru Muhammad
Telkom University (Tel-U) bekerja sama dengan CISCO Indonesia memberikan kontribusi kepada pemerintah Jawa Barat untuk penanggulangan Covid-19 di Jawa Barat. Bantuan ini diserahkan langsung kepada pemerintah Jawa Barat yang disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Selasa (2/6).
Foto: istimewa
Telkom University (Tel-U) bekerja sama dengan CISCO Indonesia memberikan kontribusi kepada pemerintah Jawa Barat untuk penanggulangan Covid-19 di Jawa Barat. Bantuan ini diserahkan langsung kepada pemerintah Jawa Barat yang disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Selasa (2/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Telkom University dan Cisco berkolaborasi dalam inisiatif membangun Kota Cerdas. Salah satunya adalah mendukung Ketahanan Pelayan Publik dalam menghadapi Covid-19 di Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Program tersebut merupakan bagian dari program global Country Digital Acceleration (CDA) Cisco. Tim CDA Cisco bekerja sama dengan pemerintah nasional dan daerah di seluruh dunia untuk mempercepat agenda digitalisasi dan memberikan manfaat pada masyarakat secara lebih cepat dan efektif.

Indonesia adalah negara pertama di ASEAN yang turut serya dalam program global ini pada 2018. Program CDA di Indonesia berfokus pada lima bidang pemerintahan digital, industri digital, BUMN digital, keamanan siber dan pemerataan digitalisasi.

Jawa Barat telah memutuskan mengambil fokus program pada digitalisasi pemerintahan. Kerja sama ini terjalin di saat penting di mana seluruh pemangku kepentingan di berbagai sektor sedang mencari solusi dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

Managing Director Cisco Indonesia, Marina Kacaribu mengatakan inovasi dan adopsi digital telah muncul sebagai pilar utama pertumbuhan Indonesia. Selama beberapa tahun terakhir, teknologi digital telah mengubah kehidupan dan mendorong pertumbuhan sosial-ekonomi.

Bersamaan dengan laju inovasi teknologi, transformasi digital akan memainkan peranan yang makin penting di tahun-tahun mendatang. Marina mengungkapkan ketika Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat berkolaborasi secara intens dengan Gugus Tugas Nasional, teknologi Cisco dapat memberikan sarana kolaborasi dan komunikasi yang aman dan andal melalui konferensi video, menjalankan aplikasi penting, seperti pengujian dan pelacakan dan memungkinkan pemerintah tetap menjalankan fungsi pelayanan publik yang penting dengan dukungan berupa kemampuan bekerja dari rumah secara aman dan andal untuk para staf pemerintah.

“Cisco merasa terhormat memiliki kesempatan berperan aktif dengan mendukung ketersediaan platform infrastruktur yang andal dan aman untuk informasi dan komunikasi publik dalam menghadapi Covid-19,” kata Marina dalam keterangan persnya kepada Republika, beberapa waktu yang lalu.

Gubernur Provinsi Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil mengatakan kolaborasi antar Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Telkom University dan Cisco merupakan salah satu langkah penting yang dilakukan untuk mendukung infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, terutama dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Di masa genting penanganan Covid-19, dukungan platform teknologi informasi dan komunikasi yang matang dapat menunjang efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, keterjangkauan dan transparansi pada layanan-layanan publik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat,” ujar Ridwan Kamil.

Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya mengatakan kemampuan untuk mendorong dan menciptakan berbagai inovasi sangatlah penting dalam mewujudkan visi digitalisasi ekonomi Indonesia. Seluruh pemangku kepentingan seperti institusi pendidikan, pemerintah dan sektor swasta perlu bersinergi bersama.

“Kami merasa bangga dapat bekerja sama dengan Cisco dengan teknologi dan solusinya yang membantu kami mengembangkan aplikasi inovatif baru guna mempercepat inisiatif kota cerdas dan pemerintah digital Provinsi Jawa Barat, terutama saat ini di mana ketahanan pelayanan publik sangat dibutuhkan,” kata Adiwijaya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement