Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Benarkah Koyok Pelangsing Bisa Menurunkan Berat Badan?

Kamis 04 Jun 2020 01:20 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Menimbang berat badan (ilustrasi). Koyok pelangsing dipromosikan dapat membantu menurunkan berat badan tanpa perlu membatasi asupan kalori.

Menimbang berat badan (ilustrasi). Koyok pelangsing dipromosikan dapat membantu menurunkan berat badan tanpa perlu membatasi asupan kalori.

Foto: Independent
Koyok pelangsing dipromosikan ampuh bantu turunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koyok pelangsing belakangan populer dipromosikan media sosial. Plester ini menjanjikan bisa membantu menurunkan berat badan tanpa membatasi asupan kalori.

Promosinya mungkin membuat koyok tampak sebagai jawaban untuk masalah penurunan berat badan. Tapi apakah koyok pelangsing benar-benar dapat menggantikan diet sehat dan rencana olahraga?

Ahli penurunan berat badan yang berbasis di Philadelphia, Charlie Seltzer MD, mengatakan, patch penurunan berat badan bekerja dengan cara yang mirip dengan koyok nikotin. Untuk memakainya, orang tinggal menempelkannya pada area spesifik di tubuh.

"Tidak seperti suplemen yang dikonsumsi orang secara oral untuk menurunkan berat badan, bahan aktif yang ditemukan di koyok dimaksudkan untuk diserap melalui kulit," ujar Seltzer seperti dilansir laman Men's Health, Rabu (3/6).

Menurut Seltzer, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa bahan-bahan yang ditemukan dalam koyok penurunan berat badan efektif. Ia mengeaskan bahwa upaya penurunan berat badan pastinya berkaitan dengan pengurangan kalori.

"Koyok ini dipromosikan dapat menurunkan asupan kalori dengan mengurangi nafsu makan atau meningkatkan metabolisme Anda. Sayangnya, kita sebenarnya tidak memiliki obat yang benar-benar dapat melakukannya dengan baik," kata Seltzer.

Direktur Program Manajemen Berat Badan Medis di NYU Langone Health, Holly F Lofton MD, mengatakan bahwa koyok itu sebenarnya bisa berbahaya karena sebagian besar tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA). Ia tidak yakin akan akan potensi atau formulasi yang didapatkan pengguna dari koyok pelangsing.

Penggunaan koyok pelangsing memang cukup sederhana. Instruksi di kemasan akan memberi tahu pengguna berapa lama dan seberapa sering memakai koyok.

Pada akhirnya, tidak ada bukti bahwa menggunakan koyok penurunan berat badan akan memberi hasil langsung yang Anda cari.

"Tidak ada trik ajaib untuk menurunkan berat badan dengan cepat secara nyata tanpa melibatkan gaya hidup" kata Lofton.

Lalu apa cara terbaik untuk menurunkan berat badan? Meskipun ini terlihat cukup jelas, mempertahankan pola makan yang sehat dan olahraga teratur akan memberikan Anda hasil terbaik.

Baca Juga

Ada beberapa aplikasi andal untuk mempermudah segalanya, seperti MyFitnessPal atau All Out Studio. Anda juuga harus selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk pendampingan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA