Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

Tuesday, 8 Ramadhan 1442 / 20 April 2021

7 Bahan Alami untuk Samarkan Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Rabu 03 Jun 2020 03:22 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Bahan-bahan alami juga dapat membantu menghilangkan mata panda.

Bahan-bahan alami juga dapat membantu menghilangkan mata panda.

Foto: Womanitely
Sejumlah bahan alami yang biasanya ada di dapur bisa membantu menyamarkan mata panda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini, banyak sekali produk kecantikan untuk menyamarkan lingkaran gelap di area mata alias mata panda. Namun, jika enggan mencoba produk kecantikan tersebut, masih ada bahan alami yang bisa dimanfaatkan.

Apa saja bahan alami yang bisa dipakai untuk menyamarkan mata panda? Yuk simak uraian berikut, seperti dilansir The Sun pada Selasa (2/6).

1. Jus lemon

photo
Perasan lemon - (flickr)
Jus lemon mengandung sifat pemutih kulit dan sarat dengan vitamin C dan asam sitrat. Asam sitrat akan membantu mengencangkan kulit di bawah mata, sementara vitamin C membantu memudarkan lingkaran hitam.

Cara pemakaiannya sederhana. Celupkan kapas ke dalam jus lemon dan diamkan di atas mata tertutup selama 15 menit.

Gunakan ini dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada jus yang masuk ke mata Anda. Jika Anda mata terasa perih atau iritasi, segera bilas dengan air mengalir.

2. Kentang

Baca Juga

photo
Kentang. - (Needpix)
Enzim dalam kentang bisa membantu mencerahkan kulit. Coba tambahkan irisan kentang dingin ke setiap kelopak mata Anda sekali seminggu. Agar hasilnya maksimal, lakukan secara teratur ya!

3. Tomat

photo
Buah tomat (ilustrasi) - (Boldsky)
 
Tomat mengandung sifat pemutihan alami bersama dengan vitamin A dan B. Untuk membuat krim mata, buatlah pasta menggunakan tomat dan lemon, kemudian aplikasikan pasta tomat di sekitar mata dan gunakan saat mata tertutup.
4. Air mawar

photo
Air mawar memiliki efek menyejukkan pada mata yang lelah. - (wikipedia)
Air mawar mengandung efek menenangkan yang dapat membantu mata lelah. Air mawar juga mengembalikan keseimbangan pH kulit dan memiliki sifat antioksidan.

Caranya juga gampil. Ambil kapas dan tambahkan air mawar pada kapas. Diamkan kapas di atas mata tertutup selama 15 menit.

5. Kantong teh

photo
Kantong teh bisa dimanfaatkan untuk meredakan mata panda - (TimesofIndia)
Kantong teh juga bisa mengurangi penampilan mata panda. Teh mengandung kafein dan anti oksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembuluh darah.

Cukup rendam kantong teh (bisa teh hitam atau hijau) dalam air hangat selama lima menit, dinginkan di lemari es selama 20 menit kemudian letakkan di area mata selama 20 menit.

6. Sendok

photo
Tips sehat untuk wajah dengan memakai sendok - (tipssehat.tk)
Meskipun mungkin bukan pilihan pertama untuk mengatasi kantung mata, mendiamkan sendok di bawah mata dapat membantu menenangkan mata dan meningkatkan penampilan kantung mata.

Cukup dinginkan sendok di lemari es kemudian letakkan di atas mata selama sekitar 20 menit. Suhu dingin akan membantu mengurangi pembengkakan pembuluh darah di bawah mata.

7. Mentimun

photo
Mentimun - (pixabay)
Mentimun tidak hanya baik digunakan untuk spa. Irisan mentimun juga baik untuk menghilangkan kantung mata dan menenangkan mata yang lelah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA