Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Sulit Kontrol Ngemil? Coba Enam Camilan Sehat Ini

Selasa 02 Jun 2020 23:58 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Karantina di rumah membuat orang lebih sering menikmati camilan (Foto: ilustrasi makan camilan)

Karantina di rumah membuat orang lebih sering menikmati camilan (Foto: ilustrasi makan camilan)

Foto: Piqsels
Karantina di rumah membuat orang lebih sering menikmati camilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karantina di rumah membuat orang lebih sering menikmati camilan. Orang sering kali merasa tidak punya banyak pilihan selain ke dapur, melihat lemari es lagi dan lagi untuk mencari apa yang bisa dimakan.

"Memperhatikan jam mungkin membantu untuk memperhatikan saat Anda harus makan atau menikmati makanan ringan,” kata Bonnie Taub-Dix, ahli diet BetterThanDieting.com.

Taub-Dix merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan ringan dengan keseimbangan protein, lemak, dan karbohidrat. Makronutrien tidak hanya menstabilkan gula darah, tetapi juga membantu merasa kenyang lebih lama dan tentunya bergizi.

Buat campuran sendiri
Taub-Dix suka membuat campuran sendiri dengan segenggam almond, ceri kering, kismis, dan sereal dingin gandum utuh. "Biji-bijian utuh menyediakan serat, yang akan membuat  kenyang dan bermanfaat karena diperkaya dengan berbagai vitamin.

Ceri kering dan kismis kering memberi sedikit rasa manis alami dan kandungan serat. Kacang-kacangan mengandung banyak lemak, serat, dan protein yang sehat. Anda dapat membeli kacang-kacangan dan buah-buahan kering dalam jumlah besar, sehingga dapat menghemat uang.

Baca Juga

Popcorn
Popcorn adalah camilan whole-grain, yang membantu meningkatkan asupan serat dan rasa kenyang. Jessica Levinson, pakar diet dan nutrisi kuliner popcorn bisa diubah menjadi camilan apa pun yang diinginkan. Menambahkan beberapa lemak sehat dari kacang dapat meningkatkan faktor kenyang dan sedikit buah kering serta keripik cokelat hitam untuk paduan manis dan asin yang lezat.

Jika Anda ingin camilan dengan beberapa bumbu, Keri Gans, ahli diet dan penulis "The Small Change Diet," menyarankan untuk menambahkan potongan lada hitam dan bubuk cabai.

photo
Popcorn - (Rocketnews24)
Bola crunch selai kacang
Untuk camilan kental dengan sedikit rasa renyah, Nora Minno, ahli diet terdaftar dan pelatih pribadi, merekomendasikan camilan bola protein selai kacang. Ini dibuat dari selai kacang alami, sirup maple, garam laut, bubuk protein, dan sereal beras. Setiap porsi (satu bola protein) mengemas lima gram protein dengan di bawah 100 kalori.

“Membuat bola protein selai kacang sederhana adalah cara yang bagus untuk memiliki camilan berprotein tinggi sepanjang minggu. Di sisi positifnya, Anda dapat membuatnya dengan bahan-bahan yang mungkin sudah Anda miliki di dapur Anda, ”kata Minno.

Keju string
Keju string Mozzarella bisa menjadi pilihan camilan padat bagi mereka yang memiliki masalah dengan kontrol porsi. Selain bergizi, string cheese juga menawarkan kalsium, protein dan rendah karbohidrat.

Roti panggang gandum atau biskuit dengan selai kacang
Meskipun roti panggang atau biskuit kemungkinan lebih sering dimakan saat sarapan, tapi tidak ada salahnya mencoba dijadikan sebagai camilan, termasuk sebelum berolahraga. Roti gandum menyediakan karbohidrat penting untuk energi, sementara mentega kacang menghasilkan protein dan lemak.

Penyedap kacang juga merupakan sumber vitamin E yang baik, antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Smoothies
Buah-buahan alami selalu bagus untuk tubuh. Cmailan buah tetap menjadi pilihan tepat termasuk dijadikan smoothie. Smoothie yang dibuat dari buah beku adalah pilihan camilan yang lezat dda bisa menyegarkan di cuaca yang lebih hangat. Coba tambahkan yogurt atau kefir dalam smoothie untuk probiotik peningkat kekebalan tubuh.

Bisa juga ditambah bubuk selai kacang dan alpukat untuk protein dan lemak sehat. Ini akan membantu memperlambat kenaikan gula darah karena buah telah dicampur.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA