Selasa 02 Jun 2020 19:09 WIB

Pemkab Batang Siap Buka 4 Obyek Wisata Baru

Pemkab Batang akan menerapkan new normal pada pekan depan.

Wisatawan berswafoto di salah satu wahana spot foto di sekitar wisata Kebun Teh Pagilaran, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Ahad (16/2/2020).
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Wisatawan berswafoto di salah satu wahana spot foto di sekitar wisata Kebun Teh Pagilaran, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Ahad (16/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah bersiap membuka empat objek wisata. Pembukaan wisata ini seiring dengan akan dilakukannya uji coba penerapan tatanan baru atau normal baru.

"Saat ini, kita siap warming up (pemanasan) pada penerapan tatanan baru. Oleh karena, kita telah mengecek beberapa titik seperti objek wisata, masjid, pasar moderen akan dibuka lagi dengan catatan protokol kesehatan akan lebih ketat," kata Bupati Batang Wihaji, Selasa (2/6).

Baca Juga

Menurut dia, sebanyak empat objek wisata yang rencananya dibuka lagi adalah Taman Safari Dolphin Center Jateng, objek wisata River Tubing (arung jeram) di Pandansari, Agrowisata Pagilaran, dan wisata alam Sikembang.

Adapun untuk kesiapan Taman Safari Dolphins Center, kata dia, sudah memenuhi kesiapan untuk menerima wisatawan. Lokasinya yang terbuka memudahkan untuk mengatur jaga jarak tempat duduk pengunjung yang akan melihat atraksi lumba-lumba.

"Hanya saja, hal yang perlu diperhatikan pengunjung adalah harus menaati protokol kesehatan saat akan masuk ke objek wisata itu seperti memakai masker, Siapa pun pengunjungnya harus memakai masker karena apabila tidak memakai (masker) dan memiliki suhu badan di atas 38 derajat celcius maka (pengunjung) akan dilarang masuk ke objek wisata," katanya.

Ia mengatakan untuk kesiapan di objek wisata Agrowisata Pagilaran, Sikembang, dan RiverTubing juga dinilai sudah bisa dibuka untuk menerima wisatawan. "Di lokasi objek RiverTubing Desa Pandansari, Kecamatan Warungasem berupa aliran sungai deras sehingga kami nilai siap untuk menerima wisatawan," katanya.

Bupati Wihaji menambahkan pembukaan beberapa tempat objek wisata dan ibadah pada uji coba penerapan tatanan kehidupan baru (New Normal) yang direncanakan dibuka pada pekan depan.

Bagian Humas Dolphins Center Batang Sutejo mengatakan pengelola objek wisata siap menjalankan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah (pemda) terkait dengan akan diuji cobakan objek wisata Dophin Center untuk dibuka kembali di tengah pandemi COVID-19.

"Kita siap memenuhi persyaratan yang diatur oleh pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lokasi objek wisata," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement