Selasa 02 Jun 2020 18:39 WIB

Alan Budikusuma Suka Banget Susu Cokelat Dingin

Alan Budikusuma mengaku bisa menghabiskan dua liter susu dalam sehari.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Mantan atlet bulutangkis nasional Alan Budikusuma mengaku masih meneruskan kebiasaan yang dikembangkannya sejak masih kecil, yakni minum susu setiap hari.
Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Mantan atlet bulutangkis nasional Alan Budikusuma mengaku masih meneruskan kebiasaan yang dikembangkannya sejak masih kecil, yakni minum susu setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Legenda bulutangkis Indonesia Alan Budikusuma mengungkapkan bahwa orang tuanya dulu selalu menyuruhnya minum susu setiap hari, yakni sebelum berlatih dan menjelang tidur. Sampai sekarang, Alan mengaku masih sangat suka minum susu, terutama susu cokelat dingin.

"Saya bisa menghabiskan dua liter susu dalam sehari," kata Alan dalam webinar World Milk Day dan Hari Susu Nusantara 2020 yang disimak Republika.co.id di Jakarta, Selasa (2/6).

Baca Juga

Menurut Alan, susu menjadi rahasianya mampu berlatih enam sampai delapan jam sehari setiap hari. Terbukti pas berlatih luar biasa, latihan enam sampai delapan jam sehari dalam seminggu, sesudah minum susu dampaknya luar biasa.

Menurut Alan, rutin minum susu bukan hanya untuk energi, tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh sebagai atlet. Dengan itu, ayah tiga anak itu mampu berlatih dalam waktu yang lama.

Selain itu, menurut Alan, susu memperkuat ototnya. Ia merasakannya ketika semasa kecil dan selagi mengikuti pelatnas.

Soal kebiasaan minum susu, Alan berujar pernah berdiskusi dengan atlet dari negara lain. Ternyata, atlet-atlet bulutangkis dari negara lain lebih banyak minum susu, bahkan setiap habis makan.

“Kalau mereka hampir setiap waktu minum susu. Itu yang perlu kita tingkatkan,” ujar suami Susi Susanti itu.

Dia berharap konsumsi susu di Indonesia semakin meningkat, bukan hanya untuk atlet, tetapi juga masyarakat umum. Dia meyakinkan bahwa susu bukan hanya penting untuk otot, tetapi juga otak.

“Ini untuk kebutuhan atlet dan bukan atlet,” kata dia.

Setiap kali datang ke daerah-daerah, Alan membawa misi mengedukasi tentang pentingnya susu kepada calon atlet. Dia ingin para calon alet paham gizi yang terkandung dalam susu sejak awal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement