Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Cara Meracik Kopi Instan Jadi Es Kopi Ala Kafe

Selasa 02 Jun 2020 16:04 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Frappuccino. Es kopi ala kafe bisa disiapkan di rumah dengan langkah yang sederhana.

Frappuccino. Es kopi ala kafe bisa disiapkan di rumah dengan langkah yang sederhana.

Foto: Reuters/Andrew Chifari
Es kopi ala kafe bisa disiapkan dengan mudah di rumah, dengan atau tanpa blender.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah cuaca yang panas, menyeruput es kopi sambil bersantai di kafe yang sejuk tentu terasa menyenangkan. Hanya saja, hal tersebut mungkin sulit dilakukan saat ini mengingat banyak kafe yang tak melayani minum di tempat akibat pandemi Covid-19.

Kabar baiknya, es kopi ala kafe juga bisa dinikmati sambil bersantai di rumah. Bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat es kopi seperti yang disediakan di kafe juga cukup sederhana.

Bahan utama yang dibutuhkan tentunya adalah kopi. Tak harus berasal dari gilingan biji kopi segar, kopi instan pun bisa digunakan untuk membuat sajian es kopi ala kafe.

Beberapa bahan lain yang juga dibtuhkan adalah susu, es batu, dan gula bila ingin membuat es kopi yang manis. Krim juga bisa digunakan bila ingin membuat sajian es kopi ala kafe yang lebih kental dan creamy. Bahan-bahan opsional lain yang bisa ditambahkan untuk memperkaya rasa adalah vanila dan karamel.

Es kopi ala kafe bisa dibuat dengan atau tanpa menggunakan blender. Berikut ini adalah cara mudah membuat sajian es kopi ala kafe seperti dilansir The Sun.

Es kopi dengan blender
Kalau punya blender di rumah, tak ada salahnya mencoba berkerasi dan membuat frappuccino. Hanya dibutuhkan tiga langkah untuk membuat frappuccino di rumah dengan blender. Berikut ini adalah caranya:

1. Tuangkan secangkir kopi yang sudah diseduh ke dalam blender, tambahkan es batu secukupnya dan seperempat cangkir susu.
2. Tambahkan perisa seperti vanila atau karamel sesuai selera lalu aduk semua campuran sampai konsistensinya menjadi tebal. Waktu yang dibutuhkan untuk mengaduknya sekitar 8-12 detik.
3. Sajikan minuman dalam gelas favorit.

Es kopi tanpa blender
Tanpa blender, es kopi ala kafe juga tetap bisa dibuat di rumah. Akan tetapi, waktu yang diperlukan untuk membuatnya mungkin sedikit lebih lama. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Seduh kopi dan buat kopi menjadi agak pekat.
2. Bila ingin rasa yang manis, tambahkan gula sebelum seduhan kopi pekat mendingin.
3. Biarkan kopi mendingin sekitar satu jam di suhu ruangan.
4. Masukkan kopi ke dalam kulkas selama dua jam.
5. Siapkan gelas panjang, masukkan kopi yang sudah dingin, tambahkan beberapa bongkah es batu, susu atau krim, aduk hingga rata lalu sajikan.

Membuat tampilan cantik
Agar es kopi bisa tampak lebih menarik, sajikan di wadah atau gelas-gelas yang cantik. Es kopi juga bisa disajikan dalam tumbler keluaran kedai-kedai kopi ternama yang dimiliki.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA