Selasa 02 Jun 2020 14:13 WIB

Liga Primer Terus Lobi Kurangi Jatah Laga di Venue Netral

Liga Primer berusaha agar Liverpool bisa meraih juara di kandang sendiri di Anfield.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Logo Liga Primer Inggris
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Primer Inggris sedang mengusahakan kalau pertandingan yang digelar di venue netral tidak lebih dari empat laga. Bahkan, Liga Primer sedang berusaha agar Liverpool bisa memenangkan gelar juara di Anfield, bukan di tempat netral.

Sebelumnya, Ketua Dewan Polisi Nasional Inggris Mark Roberts, menyatakan, akan ada enam pertandingan yang digelar di venue netral. Dua dari enam pertandingan tersebut adalah Everton vs Liverpool, laga penentu juara.

Namun, Direktur Eksekutif Liga Primer Bill Bush menyatakan, polisi Merseyside sudah memberikan respons terkait rencana tersebut, yang intinya bisa mengatasi masalah yang akan terjadi di wilayah tersebut.

Bush menambahkan, polisi dari dua wilayah, yaitu Greater Manchester dan Northumbria, terus memantau situasi dan melihat berbagai kemungkinan, untuk terjadinya pelanggaran dalam pertandingan tersebut. Namun belum ada pernyataan resmi soal nasib pertandingan di tempat netral ini.

Bisa dipahami kalau polisi Greater Manchester menangani dua sampai tiga pertandingan, di antaranya adalah Manchester City vs Newcastle, Manchester United vs Sheffield, yang digelar di Stadion Etihad dan Old Trafford.

Namun pertandingan antara City vs Liverpool kemungkinan akan dilaksanakan di tempat netral. Sementara polisi Northumbria juga meningkatkan kewaspadaan pada pertandingan Newcastle vs Liverpool.

''Polisi Merseyside mengeluarkan pernyataan pada Jumat (pekan lalu), dalam pandangan mereka, jadwal pertandingan Liga Primer di area mereka masih bisa ditangani oleh kapasitas yang ada,'' tulis Bush dikutip dari Dailymail, Selasa (2/6).

Bush memahami bahwa proses memantau situasi masih terus dilakukan oleh dua polisi lokal lain, yang sebelumnya minta pertandingan dipindahkan. Dalam situasi saat ini, risikonya memang ada, sehingga disiapkan skema pertandingan di tempat netral.

Namun, jika Liga Primer bisa bergerak cepat untuk menyelesaikan sertifikat keamanan, maka bisa jadi pertandingan yang digelar di tempat netral akan berkurang.

''Bagaimanapun juga, masih ada setiap kemungkinan bahwa daftar pertandingan terakhir yang diajukan untuk pindah ke tempat netral guna alasan keamanan akan berkurang jadi maksimal empat, tergantung pada keputusan akhir polisi Greater Manchester dan polisi Nurthumbia,'' jelas Bush.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement