Selasa 02 Jun 2020 05:12 WIB

Mitsubishi Triton dan Nissan Navara Tampil Kian Mirip

Mitsubishi dan Nissan akan menghadirkan produk identik dengan porsi 80 persen.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Mitsubishi All New Triton
Foto: Sportku
Mitsubishi All New Triton

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Mitsubishi dan Nissan merupakan jenama yang tergabung dalam Renault–Nissan–Mitsubishi Alliance. Tak heran, sejak peleburan kedua brand itu, sejumlah line up pun hadir kian mirip.

Dilansir dari Car Advice pada Senin (1/6), aliansi itu pun akan melakukan penyegaran untuk produk double cabin Mitsubishi Triton dan Nissan Navara. Produk ini pun nantinya akan jadi salah satu produk yang akan terlihat sama alias senasib dengan Mitsubishi XPander dan Nissan Livina.

Baca Juga

Seluruh strategi itu sendiri memang merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memperkuat aliansi itu. Biasanya, Mitsubishi akan melakukan peluncuran produk tersebut lebih dahulu baru kemudian diikuti oleh Nissan.

Awalnya, aliansi ini memang berencana untuk menghadirkan produk yang berbeda dari tiap jenama. Namun, akhir Mei lalu jenama itu menegaskan bahwa sebagian besar produk hanya akan dibedakan berdasar logo yang terpasang saja.

Artinya, porsi kemiripan produk pun secara bertahap akan meningkat. Tadinya, aliansi itu hanya akan menghadirkan produk identik sebanyak 30 persen dari seluruh line up yang ada. Dengan adanya perubahan kebijakan ini, maka porsi itu akan meningkat menjadi sekitar 80 persen.

Dengan begitu, aliansi itu berharap perusahaan akan mampu meningkatkan efisiensi lewat sharing platform, teknologi, mesin dan desain. Kebijakan ini pun dinilai mampu mendongkrak efisiensi secara signifikan mengingat strategi sharing platform itu mampu memangkas biaya pengembangan produk sebesar 30 persen.

Selain strategi itu, aliansi tersebut pun memiliki strategi khusus dalam menyambut kehadiran mobil listrik. Ketiga brand dalam aliansi itu pun nantinya akan menghadirkan mobil listrik dalam segmen yang berbeda-beda.

Aliansi itu menyebut, Renault akan memimpin pengembangan mobil listrik mikro, Nissan akan memimpin pengembangan mobil listrik kecil dan menengah Sedangkan Mitsubishi akan bermain di segmen mobil listrik menengah hingga besar.

Kembali pada soal Triton dan Navara, diperkirakan Triton nantinya akan diluncurkan pada 2023. Setelah itu, baru kemudian Navara baru mulai diluncurkan pada 2025.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement