Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

7 Miliarder China Dulu Kuliah di Mana?

Senin 01 Jun 2020 17:39 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda

Pendiri Alibaba Jack Ma merupakan salah satu miliarder China mengaku beberapa kali gagal masuk Harvard Business School.

Pendiri Alibaba Jack Ma merupakan salah satu miliarder China mengaku beberapa kali gagal masuk Harvard Business School.

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Miliarder pengusaha digital China memiliki latar belakang pendidikan yang beragam.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Transformasi cepat China dari negara berkembang dalam transisi menuju ekonomi pasar yang berkembang pesat telah membantu menelurkan sejumlah besar penduduk kaya. China sekarang menghasilkan miliarder lebih cepat daripada negara mana pun di dunia.

Banyak orang tua dari anak-anak kecil menjadikan "Peringkat Miliarder" tahunan yang disusun oleh Asosiasi Alumni Universitas China sebagai referensi. Daftar itu mengompilasi perguruan tinggi dan universitas di China sesuai dengan jumlah miliarder yang telah mereka hasilkan dari alumni dan fakultas.

Berikut daftar top miliarder China dan asal kampusnya, dilansir South China Morning Post, Senin (1/6):

1. Jack Ma
Jack Ma adalah salah satu pendiri Alibaba Group, salah satu bisnis e-commerce terbesar di dunia dan pemilik South China Morning Post. Ma yang dikenal ramah itu awalnya adalah mantan guru bahasa Inggris yang sederhana.

Dia bersekolah di Hangzhou Teachers College (saat ini dikenal sebagai Hangzhou Normal University), sebuah universitas negeri di Hangzhou di Ibu Kota Provinsi Zhejiang, dan lulus dengan gelar Bachelor of Arts dalam bahasa Inggris pada tahun 1988. Ma mengungkapkan dalam sebuah wawancara video yang diadakan pada tahun 2015 bahwa ia telah mendaftar 10 kali ke Harvard Business School tetapi selalu ditolak.

2. Robin Li

photo
Robin Li, pemilik Baidu - (EPA)
Robin Li adalah CEO dan salah satu pendiri Baidu, mesin pencari top China dan salah satu situs web paling populer di dunia. Dia mendaftar di Peking University yang bergengsi di mana ia belajar manajemen informasi dan meraih gelar Sarjana Sains.

Pada tahun 1991, Li melakukan perjalanan ke University at Buffalo, universitas negeri paling bergengsi di New York, Amerika Serikat untuk meraih gelar doktor dalam ilmu komputer. Dia menerima gelar Master di bidang ilmu komputer tiga tahun kemudian setelah memutuskan untuk tidak melanjutkan ke PhD.

3. Lei Jun

photo
Pendiri dan CEO Xiaomi Technology Co Ltd Lei Jun. - (EPA)
Lei Jun merupakan salah satu pendiri dan chairman Xiaomi, salah satu merek produk ponsel cerdas dan gaya hidup paling populer di dunia. Lei lulus dari Mianyang Middle School di Provinsi Sichuan dan kuliah di Wuhan University pada tahun yang sama.

Baca Juga

Lei Jun lulus semua mata kuliah dalam waktu dua tahun dan lulus dengan gelar Sarjana dalam bidang ilmu komputer. Selama tahun terakhirnya di perguruan tinggi, ia memulai perusahaan pertamanya yang juga dikenal sebagai Gundugoms.

4. Ma Huateng

photo
Ma Huateng, sosok di balik suksesnya Tencent. - (EPA)
Juga dikenal sebagai Pony Ma, Ma Huateng mengepalai raksasa internet China, Tencent Holdings, yang menempati peringkat di antara bisnis terbesar di negara ini berdasarkan kapitalisasi pasar. Pada April 2020, ia adalah orang terkaya di China, dengan kekayaan bersih 46,9 miliar dolar AS, menurut Forbes.

Ma lulus dari Shenzhen University pada tahun 1993 dengan gelar Bachelor of Science ilmu komputer. Ma dikenal karena kepribadiannya yang low profile jika dibandingkan dengan kepribadian Jack Ma yang outgoing, terutama karena latar belakang akademis ilmu komputernya.

5. Liu Chuanzhi

photo
Liu Chuanzhi, pendiri grup Lenovo - (EPA)
Pendiri Grup Lenovo Liu Chuanzhi yang kini berusia 75 tahun belum lama ini mengumumkan pengunduran dirinya secara efektif dari jabatan ketua kehormatan perusahaan, penasihat senior, dan anggota komite strategi dewan direksi.

Pada tahun 1962, Liu memasuki People's Liberation Army Institute of Telecommunication Engineering yang saat ini dikenal sebagai Xidian University. Lembaga ini adalah universitas riset publik di Xi'an, dengan program ilmu komputernya berada di peringkat ke-8 secara nasional dan 22 secara global oleh US News & World Report 2020.

6. Liu Qiangdong

photo
Liu Qiangdong, pendiri JD.com dijuluki Jeff Bezos-nya China. - (EPA)
Dijuluki sebagai "Jeff Bezos-nya China", pengusaha internet China, Liu Qiangdong, adalah pendiri dan ketua perusahaan e-commerce China, JD.com. Dengan minat yang besar dalam politik, ia mendaftar di Renmin University of China untuk belajar sosiologi, tetapi ia menginvestasikan waktu luangnya untuk belajar pemrograman komputer setelah menemukan bahwa subjek ini akan mengamankan peluang karier yang lebih baik.

Dia lulus pada tahun 1996 dengan gelar Sarjana Sosiologi dan kemudian memperoleh gelar Master Eksekutif Administrasi Bisnis dari China Europe International Business School.

7. Yang Huiyan
Dengan kekayaan bersih 20,3 miliar dolar AS pada April 2020, Yang Huiyan menduduki peringkat kelima orang terkaya di China dan wanita terkaya di Asia menurut Forbes. Dia kuliah di Ohio State University dan menerima gelar Sarjana pada tahun 2003.

Setelah menerima saham besar di pengembang real estat Country Garden Holdings dari ayahnya Yeung Kwok Keung pada 2017, Yang memiliki 57 persen dari perusahaan. Dia juga memimpin Bright Scholar Education Holdings, sebuah perusahaan pendidikan China yang go public di Bursa Efek New York.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA