Senin 01 Jun 2020 16:54 WIB

5 Cara Detoksifikasi Digital

Detoksifikasi digital penting untuk menghindari masalah kesehatan fisik dan mental.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Warga melihat peta peyebaran kasus Covid-19. Terus-terusan menyimak berita Covid-19 bisa bikin orang tertekan. Lakukan detoksifikasi digital agar kesehatan mental tetap terjaga selama pandemi Covid-19.
Foto: Antara/Moch Asim
Warga melihat peta peyebaran kasus Covid-19. Terus-terusan menyimak berita Covid-19 bisa bikin orang tertekan. Lakukan detoksifikasi digital agar kesehatan mental tetap terjaga selama pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selagi di rumah saja, Apakah Anda terus membaca berita tentang Covid-19? Apakah hal itu mengganggu Anda? Apakah Anda cemas, paranoid, atau merasa tertekan? Jika ya, detoksifikasi digital adalah yang Anda butuhkan.

Dr Pritam Moon mengatakan, penggunaan ponsel secara terus-menerus dapat mengundang banyak masalah, seperti sakit leher, mata, dan bahu. Tidak hanya itu, berita yang dibaca seseorang dapat membuat stres dan khawatir selama penyebaran virus corona. 

Baca Juga

"Jadi, detoks digital adalah kebutuhan saat ini," kata konsultan penyakit dalam Rumah Sakit Wockhardt, India, dilansir Times Now News, Senin (1/6).

Detoks digital dapat digambarkan sebagai periode ketika seseorang menahan diri dari menggunakan perangkat teknologi seperti ponsel cerdas, televisi, komputer, tablet, dan situs media sosial. Berikut panduan untuk membatasi waktu layar Anda:

1. Hindari menggunakan ponsel atau menonton TV sambil makan atau sebelum tidur

Saat makan, konsentrasilah pada makanan alih-alih memelototi ponsel atau televisi. Ini akan memungkinkan Anda untuk makan dengan benar dan meningkatkan kebiasaan makan yang baik.

Matikan telepon sebelum tidur atau jauhkan dari jangkauan karena menggunakan ponsel sebelum tidur atau bahkan menonton TV dapat mengganggu tidur Anda.

2. Tetapkan batas waktu

Batasi akses ke gadget dalam jangka waktu tertentu. Jangan membaca konten yang sama lagi dan lagi. Atur apa yang Anda tonton atau baca. Berlatih lakukan jarak sosial dengan ponsel Anda.

3. Matikan notifikasi

Matikan notifikasi untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Hanya lihat atau baca informasi dari sumber yang dapat dipercaya.

4. Zona bebas gadget di rumah

Ruang makan atau kamar tidur harus menjadi zona bebas gadget. Batasi penggunaan gawai selagi berada di sana. Sebagai gantinya, habiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau lakukan kegiatan yang Anda sukai, seperti mendengarkan musik, menari, berkebun, atau membaca.

5. Jangan gunakan ponsel setidaknya selama 24 jam

Jadilah offline dan lakukan me time. Manjakan diri atau berolahraga.  Ini akan membantu Anda relaks dan menenangkan pikiran. Kalahkan kecanduan media sosial Anda dengan melakukan cara-cara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement