Senin 01 Jun 2020 14:28 WIB

Lumbung Pangan Jatim Distribusikan Ayam Murah

Daging ayam yang disediakan Lumbung Pangan Jatim dalam bentuk karkas atau siap olah.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Pembeli memilih ayam di Pasar
Foto: ANTARA/basri marzuki,
Pembeli memilih ayam di Pasar

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Melonjaknya harga daging ayam di pasaran yang mencapai Rp 40 ribu per kilogram, langsung direspon Lumbung Pangan bentukan Pemprov Jatim. Demi menjaga daya beli masyarakat, Lumbung Pangan Jatim pun menyediakan daging ayam dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga pasar yakni hanya Rp 27 ribu per ekor.

Ketua Tim Pelaksana Lumbung Pangan Jatim, Mirza Muttaqien mengatakan, daging ayam yang disediakan Lumbung Pangan Jatim dalam bentuk karkas atau siap olah. Meskipun jangkauannya baru meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik, namun nasyarakat bisa berbelanja online maupun offline dengan datang langsung ke Jatim Expo.

“Daging ayam yang kami jual bentuknya frozen dan siap olah. Harganya hanya Rp 27 ribu per ekor. Stok kami melimpah dan siap mensuplai kebutuhan warga di tengah harga daging ayam yang melonjak di pasaran,” kata Mirza dikonfirmasi Senin (1/6).

Mirza menjelaskan, per hari Lumbung Pangan Jatim bisa menjual hingga 3 kuintal daging ayam karkas baik melalui penjualan online maupun offline di Jatim Expo. Stok yang tersedia, kata Mirza, merupakan hasil penyerapab dari peternak di Jombang dan juga Mojokerto. Mirza pun mengakui adanya lonjakan permintaan daging ayam, mengingat harga di pasaran melonjak.

“Memang ada peningkatan pembelian untuk daging ayam hari-hari ini, karena memang kami menjual jauh di bawah harga pasar. Namun begitu, pelanggan butuh berapa pun kami siap. Kmoditas pangan di sini kita jual di bawah harga pasar,” ujar Dirut PT Jatim Graha Utama tersebut.

Morza menyampaikan, fluktuasi harga daging ayam memang kerap terjadi setiap tahun. Utamanya seusai lebaran atau hari raya keagaaman. Oleh sebab itu, pemerintah lewat program lumbung pangan melakukan antisipasi. Yakni dengan menyediakaan komoditas daging ayam yang murah bagi masyarakat.

“Penyediaan komoditas dengan sistem ini kami yakini bisa menekan inflasi dan masyarakat pun akan tenang dan nyaman. Harga barang terjangkau dan ketersediaan bahan pangan terjamin,” ujar Mirza

Mirza menegaskan, masyarakat Surabaya, Sidoarjo dan Gresik, (kecuali daerah kepulauan) bisa mendapatkan fasilitas belanja online free ongkir melalui https://lumbungpanganjatim.com. Bahkan kini pemesanan online bisa dilakukan selama 24 jam. Pembelanjaan online akan diantarkan langsung ke alamat pembeli dengan tanpa ongkir.

Dengan proses pembelian online free ongkir, diharapkannya dapat memudahkan masyarakat di tengah masa restriksi karena pandemi Covid-19. Fasilitas ini juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan asupan protein hewani masyarakat, dengan harga yang tetap terjangkau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement