Senin 01 Jun 2020 11:42 WIB

Helm Canggih TNI AD Bisa Deteksi Suhu Tubuh

Helm ini diserahkan ke petugas medis RSPAD Gatot Subroto untuk mendeteksi Covid-19.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Helm milik TNI AD yang bisa memantau suhu tubuh demi mencegah penyebaran Covid-19.
Foto: Dispenad
Helm milik TNI AD yang bisa memantau suhu tubuh demi mencegah penyebaran Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa membantu tenaga medis Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta berupa helm pendeteksi suhu tubuh. "Kita sudah memiliki helm yang bisa melihat manusia di depan helm ini dengan suhu tubuh, ada lima set," kata Andika melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (1/6).

Andika sempat telekonferensi virtual bersama pimpinan RSPAD Gatot Soebroto dan jajaran TNI AD guna memantau bantuan bagi tenaga medis di RSPAD Gatot Subroto. Andika berencana menggelar pelatihan menggunakan helm canggih berteknologi tinggi itu bagi seluruh tenaga medis TNI AD. "Supaya para operator nanti tahu betul apa yang bisa dilakukan," ujarnya.

Helm pendeteksi suhu tubuh itu akan mempermudah kerja tenaga medis, karena tidak perlu mendatangi satu per satu pengunjung atau pasien di RSPAD. "Pemakai helm sudah bisa melihat banyak orang yang dilihat, kelihatan suhunya dan tinggal langsung tunjuk saja," ujar Andika.

Andika juga memantau langsung ketersediaan alat pelindung diri (APD), reagen serum polymerase chain reaction (PCR), dan serum tes cepat (rapid test) di RSPAD Gatot Soebroto.

Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen Albertus Budi Sulistya mengatakan APD, serum PCR, dan serum tes cepat masih tersedia untuk dua bulan mendatang bagi tenaga medis. Budi memaparkan, RSPAD juga menerima pengiriman sampel tes dari rumah sakit TNI AD untuk uji klinis di RSPAD Gatot Soebroto.

Pemantauan berkala dan pemberian bantuan yang dilakukan Andika merupakan upaya mengurangi penyebaran dan penanganan cepat pasien Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement