Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Pemprov Jabar Siapkan Karantina Level Mikro

Senin 01 Jun 2020 10:43 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Indira Rezkisari

 Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar sedang menyiapkan skema penanganan Covid-19 berskala mikro.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar sedang menyiapkan skema penanganan Covid-19 berskala mikro.

Foto: Antara/Maulana Surya
Karantina mikro disiapkan hingga level terkecil yakni kelurahan/desa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar sedang menyiapkan skema penanganan Covid-19 berskala mikro. Skala mikro artinya upaya pengawasan akan berjalan di tingkat kelurahan/desa.

Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian Massal, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Siska Gerfianti, mengatakan karantina mikro ini dibuat supaya pengendalian, pelacakan, dan pengawasan berjalan semakin optimal.

"Untuk karantina mikro ini Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tetap berjalan, tetapi kami fokus untuk melokalisir pasien yang positif ini beserta kontak tracingnya. Dan kita lokalisir di tingkat satuan terkecil, yaitu desa atau kelurahan," ujar Siska, Senin (1/5).

Siska melaporkan, pihaknya mencatat sebanyak 267 desa dan kelurahan di Jabar memiliki pasien positif. Dari jumlah itu, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar mencatat ada sekitar 54 desa kritis dengan catatan kasus positif Covid-19 lebih dari enam pasien per desa.

"Kami berharap, mudah-mudahan dengan persempitan, dilokalisir, dan dikarantina mikro, rantai penyebaran Covid-19 dapat diputus," katanya.




BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA