Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

William Wongso: Gordon Ramsay Sabar Belajar Masak Rendang

Sabtu 30 May 2020 22:00 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Celebrity Chef Gordon Ramsay sempat diajari masak rendang oleh pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Celebrity Chef Gordon Ramsay sempat diajari masak rendang oleh pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Foto: EPA
Menurut William Wongso, rendang hasil masakan Gordon Ramsay oke.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar kuliner Indonesia William Wongso menilai celebrity chef Gordon Ramsey adalah sosok yang sabar dan mau belajar saat dia mencoba memasak rendang. Pada Januari 2020, William diajak oleh Ramsay untuk membuat menu khas Sumatra Barat yang menjadi favorit banyak orang, yaitu rendang.

"Ramsay sabar dan dia mau belajar. Minatnya belajar. Saya dianggapnya sebagai mentor," kata William melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

William mengajari juri Masterchef itu cara tradisional maupun cara modern dalam memasak rendang. Pada kunjungannya ke Sumatra Barat di tanggal 19 Januari sampai 22 Januari itu, menurut William, Ramsay sabar mengikuti proses demi proses pembuatan rendang.

"Kalau kita ngajarin orang asing, kita musti kasih tahu, itu tradisi bikin rendang paling cepat adalah empat jam. Secara tradisional, kalau (daging) sapinya sapi tua, bisa memakan waktu sembilan jam sampai 10 jam, sampai diinepin, besok diterusin," kata William.



William pun mengajari Ramsay teknis persisnya dalam proses memasak rendang. William juga memberikan trik memasak rendang dengan cara modern mengingat alat-alat tradisional sulit dijumpai di luar negeri.

Menurut William, Ramsay berhasil belajar membuat rendang. William mengatakan, hasil masakannya bagus dan tak mengecewakan.

"Rendangnya dia oke. Kami yang ngajarin beberapa hari. Saya ajarin teknis, kalau saya misalnya di luar negeri, pembantu tak banyak, gimana caranya, itu pakai alat-alat modern. Itu saya kasih tahu ke dia. Tapi waktu kemarin dia masak itu ya secara tradisional," jelas William.

Menurut William, Ramsay dan timnya datang untuk program televisi Gordon Ramsay: Uncharted musim kedua ke Sumatra Barat setelah syuting di Tasmania, Australia. Setelah dari Indonesia, mereka melanjutkan perjalanan ke India.

Gordon Ramsay: Uncharted musim kedua akan ditayangkan pada 8 Juni di National Geographic.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA