Sabtu 30 May 2020 14:27 WIB

Dua Balapan di Satu Sirkuit, Valentino Rossi: Ini Amat Aneh

Rossi merasakan nuansa yang jauh berbeda dalam 24 tahun kariernya.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Valentino Rossi
Foto: EPA-EFE/Claudio Giovannini
Valentino Rossi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MotoGP musim 2020 menawarkan pengalaman unik bagi Valentino Rossi. Dengan jadwal balapan yang berantakan karena pandemi corona, the Doctor merasakan nuansa yang jauh berbeda dalam 24 tahun kariernya sebagai pembalap.

Salah satu pengalaman yang membuat Rossi merasa aneh adalah rencana balapan yang digelar di sirkuit yang sama dalam dua GP beruntun serta tanpa penonton. Ia menyatakan, yang pasti hidup tanpa balapan berubah drastis.

Sekarang perasaan Rossi sangat tidak biasa karena sejak tahun 1996, ia selalu hidup dengan balapan. Khususnya tahun ini setelah sejumlah balapan ditunda.

"Tapi perbedaan terbesar bagi saya adalah dua balapan beruntun di sirkuit yang sama. Ini akan aneh," ujar Rossi dikutip dari Crash, Sabtu (30/5).

Selain itu, saat balapan musim ini dimulai, akan ada banyak pembatasan. Khususnya trek tanpa penonton. Hal itu akan membuatnya merasa seperti balapan di sirkuit yang sedang tutup. "Yang pasti itu tidak akan sama lagi. Tapi balapan sangat penting untuk semua orang, pembalap, semua (staf) paddoc, semua tim. Jadi ini sangat krusial," jelas dia.

Proposal protokol baru tersebut saat ini masih menunggu persetujuan dari Pemerintah Spanyol. Ajang MotoGP pada 19 dan 24 Juli digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement