Jumat 29 May 2020 21:44 WIB

Lintas Ekbis: Budidaya Bawang Merah Ramah Lingkungan

.

Red: Yogi Ardhi

Petani memanen bawang merah di area persawahan Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (29/5/2020). Menurut petani setempat, harga jual bawang merah melonjak dari panen sebelumnya Rp10 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu hingga Rp38 ribu per kilogram (FOTO : Hendra Nurdiyansyah/ANTARA FOTO)

Komisaris Utama Bank DKI, Basuki Setyadjid (kedua dari kiri) berfoto bersama Lurah Pondok Kelapa, Siska Leonita (kedua dari kanan) usai memberikan bantuan 5000 paket sembako kepada warga kelurahan Pondok Kelapa dalam rangka program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB), Jakarta, (29/05). Pemberian bantuan tersebut merupakan rangkaian dari penyaluran bantuan kemanusiaan Bank DKI senilai total Rp5 miliar untuk mendukung penanganan COVID-19 di DKI Jakarta. Bantuan tersebut terdiri dari partisipasi pada program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) senilai Rp2,25 Miliar, pemberian Alat Pelindung Diri senilai Rp844,5 juta dan bantuan kemanusiaan tim medis sebesar Rp638 juta. (FOTO : Dok Bank DKI )

Pengendara melintas di kawasan Tugu Pal Putih, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (29/5/2020). Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) DIY mencatat jumlah investor pasar modal di wilayah DIY pada April 2020 tercatat mencapai 50 (FOTO : Andreas Fitri Atmoko/ANTARA FOTO)

Petugas menyiapkan paket sebelum didistribusikan ke alamat tujuan di Kantor Pos Serang, Banten, Jumat (29/5/2020). Menurut petugas selama masa pandemi COVID-19 volume lalu lintas pengiriman paket pos meningkat dari 3-4 ton menjadi 6-8 ton per hari dan sebagian besar merupakan paket belanja daring (FOTO : ASEP FATHULRAHMAN/ANTARA FOTO)

Seorang pekerja beraktivitas di Pabrik Garmen PT Daehan Global di Desa Cimohong, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (29/5/2020). Menurut data Kementerian Perindustrian, proyeksi pertumbuhan industri pengolahan nonmigas pada tahun 2020 diperkirakan hanya mencapai 5,3 persen atau lebih rendah dibandingkan target pada 2019 sebesar 5,4 persen, akibat ketidakpastian ekonomi global (FOTO : Oky Lukmansyah/ANTARA FOTO)

Pekerja menyusun karung berisi gula pasir di gudang Perum Bulog Cabang Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Jumat (29/5/2020). Pimpinan Bulog Cabang Meulaboh Hafizsyah menerangkan, pihaknya telah menyiapkan stok gula pasir sebanyak 150 ton untuk menstabilkan harga di Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya dan Kabupaten Simeulue dengan harga jual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.500 per kilogram. (FOTO : Antara/Syifa Yulinnas)

Anggota DPR RI komisi XI Kamrussamad berdiskusi dengan sejumlah media secara virtual pada acara Silaturahmi Lebaran dan Diskusi membahas isu terkini di Jakarta, Jumat (29/5). Dalam paparannya Kamrussamad menyampaikan pandangannya terkait kondisi perekonomian negara saat ini dan rencana pemerintah menerapkan new normal. (FOTO : Istimewa)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, PATI --Salah satu strategi petani bawang merah Pati untuk menjaga keberlanjutan usaha tani sekaligus meningkatkan produktivitas panen dilakukan melalui penerapan sistem budidaya ramah lingkungan. 

Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian SYL untuk menggenjot peningkatan produktivitas komoditas pertanian dengan tetap memperhatikan dan meningkatkan mutu/kualitas komoditas pertanian yang dihasilkan .

Seperti halnya yang dilakukan para petani bawang merah di Desa Tegalurung, Kecamatan Jaken, Pati. Sepanjang hamparan lahan bawang merah di daerah tersebut terlihat banyak dipasangi perangkap likat kuning. Tujuannya tak lain untuk mengendalikan populasi hama serangga sekaligus efisiensi biaya usaha tani bawang merah. Berikut berita foto lintas ekonomi dan bisnis selengkapnya.

sumber : Republika, Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement