Sabtu 30 May 2020 20:09 WIB

Selama Ramadan dan Lebaran, Blibli Catat Kenaikan Penjualan di 4 Kategori Ini

Selama Ramadan dan Lebaran, Blibli Catat Kenaikan Penjualan di 4 Kategori Ini

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Selama Ramadan dan Lebaran, Blibli Catat Kenaikan Penjualan di 4 Kategori Ini. (FOTO: Website Blibli)
Selama Ramadan dan Lebaran, Blibli Catat Kenaikan Penjualan di 4 Kategori Ini. (FOTO: Website Blibli)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Bulan suci Ramadan dan Lebaran yang disambut di tengah Covid-19 dan pembatasan aktivitas luar ruangan telah memengaruhi pilihan produk para pelanggan Blibli. Mereka meningkatkan pembelanjaan kebutuhan sehari-hari serta produk-produk yang membantu menjaga kesehatan dan perawatan tubuh.

Pembelanjaan produk-produk keseharian dan kesehatan pun menopang kinerja kategori BlibliMart, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Kesehatan & Kecantikan, serta Home & Living. Terlebih lagi, program Ramadan Blibli, Ramadan Lebih Baik, selama 23 April-23 Mei 2020, semakin mendorong aktivitas belanja para pelanggan.

"Pada tahun ini, bulan suci Ramadan dan Lebaran yang berlangsung di tengah Covid-19 telah membuat para pelanggan semakin fokus menjaga kesehatan dan perawatan tubuh. Mereka semakin rajin memasak hindangan di rumah, selain menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga dan memastikan kerapihan diri sendiri," kata Yolanda Nainggolan, Vice President (VP) of Public Relations Blibli dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/5/2020). 

Baca Juga: Kebocoran Data Pribadi Mengancam Pengguna Internet Asia Pasifik

Di BlibliMart, kategori groceries di Blibli, banyak pelanggan berbelanja kebutuhan sembako, seperti minyak goreng, beras, dan bumbu masak. Terlebih lagi, pelanggan kini mempercayakan pembelanjaan makanan segar secara online, yang terlihat dari lonjakan penjualan produk-produk makanan segar sebesar tujuh kali lipat sepanjang Ramadan 2020 jika dibandingkan Ramadan 2019.

Tren mengolah masakan di rumah selama Ramadan dan menjelang Lebaran telah mendorong penjualan berbagai produk di kategori Home & Living, termasuk produk peralatan dapur dan memasak yang mengalami kenaikan pemesanan hingga empat kali lipat selama Ramadan 2020 jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu.

Menjaga kebugaran tubuh juga menjadi perhatian pelanggan selama Ramadan dan Lebaran. Pada kategori Olahraga & Aktivitas Luar Ruangan, jumlah pesanan aksesori fitness, yang mencakup treadmill dan sepeda statis, mengalami peningkatan hingga empat kali lipat di Ramadan 2020 jika dibandingkan dengan Ramadan tahun sebelumnya. Ini mencerminkan bahwa pelanggan kini melakukan olahraga dari rumah dengan tutupnya berbagai fasilitas olahraga bagi publik.

Selain kebugaran tubuh, pelanggan juga merawat kebersihan dan kerapihan diri dengan membeli berbagai produk di kategori Kesehatan & Kecantikan, seperti hand sanitizer dan vitamin. Di luar produk sanitasi, pelanggan membeli produk-produk perawatan rambut dan kulit. Selama Ramadan 2020, jumlah pesanan hair clipper meningkat lima kali lipat dan perawatan wajah sebanyak empat kali lipat jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu.

Blibli didukung oleh infrastruktur logistik sebanyak 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia dan armada kurir pengiriman BES. Kehadiran infrastruktur logistik ini menjaga pengiriman paket tepat waktu sampai ke tangan pelanggan. Di Ramadan ini, pengiriman tercepat diselesaikan Blibli dalam waktu 15 menit untuk pesanan produk groceries BlibliMart seorang pelanggan di Denpasar, sedangkan lokasi pemesan terjauh adalah Merauke.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement