Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

10 Momen Ikonik Lionel Messi

Sabtu 30 May 2020 02:31 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko

Bintang Barcelona Lionel Messi seusai mencetak gol ke gawang lawan.

Bintang Barcelona Lionel Messi seusai mencetak gol ke gawang lawan.

Foto: EPA/QUIQUE GARCIA
Lionel Messi punya banyak momen ikonik dalam kariernya.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lionel Messi punya banyak momen ikonik dalam kariernya, dengan 627 gol dan 34 trofi untuk Barcelona hingga enam kali meraih Ballon d'Or. Paling tidak, ada 10 momen ikonik La Pulga, berdasarkan versi BBC.

1 -Hattrick pertama

Hattrick pertama Messi terjadi dalam salah satu pertandingan besar dalam sepak bola. Messi yang saat itu masih remaja mencetak tiga goal dalam El Clasico 2007. Hattrick itu juga jadi yang pertama di Camp Nou, termasuk gol terakhir brilian dimana Messi melewati beberapa bek.

2 -Gol terbaik

Gol Messi pada semifinal Copa del Rey 13 tahun lalu diyakini sebagai gol terbaik Messi. Dalam gol yang hampir sama dengan Diego Maradona dalam Piala Dunia 1986 lawan Inggris. Messi membawa bola dari wilayah sendiri, lalu melewati sekitar lima pemain, hingga kiper dan kemudian mencetak gol.

3 -Gol pertama di final Liga Champions

Gol pertama Messi di final Liga Champions terjadi pada 2009 saat Barcelona lawan Manchester United. Messi diragukan bisa bobol gawang MU, lantara dalam 10 pertemuan dengan klub Liga Inggris di Liga Champions, pemain internasional Argentina itu selalu gagak mencetak gol. Gol Messi di final itu pun dilakukan lewat sundulan, usai memanfaatkan umpan Xavi untuk menakulkan Edwin van Der Sar.

4 -Empat gol ke gawang Arsenal

Messi mencetak empat gol untuk pertama kali dalam kariernya, ketika Barcelona lawan Arsenal pada 2010. Pertandingan di Liga Champions tersebut berakhir dengan kemenangan besar 7-1 Barca atas the Gunners.

5 -Pecahkan rekor gol Barcelona

Messi memecahkan rekor gol Barcelona saat usianya baru 24 tahun, bahkan lewat sebuah hattrick. Dia menyamai rekor Cesar Rodriguez dengan 232 gol, lewat gol pertama lawan Granada. Lalu ia melampaui rekor Cesar melalui gol kedua dan menambahnya dengan gol ketiga. Sekarang, di usia 32 tahun, Messi sudah mencetak 627 gol untuk Barcelona dan masih bisa terus bertambah.

6 -Cetak 91 gol dalam setahun

Di tengah persaingan mengoleksi gol antara Messi dan Ronaldo, La Pulga mampu memecahkan rekor golnya dalam satu tahun kalender pada 2012 dengan 91 gol. Ia pernah mencetak 79 gol untuk Barcelona dan 12 untuk Argentina pada tahun tersebut. Catatan itu pun cukup untuk membuat Messi meraih Ballon d'Or untuk keempat kalinya secara beruntun.

7 -Raih Golden Ball di Piala Dunia

Secara teori, ini semestinya jadi momen terbesar Messi, yaitu jadi pemain terbaik di Piala Dunia. Minimnya trofi di ajang internasional membuat statusnya sebagai pemain terbaik pun diperdebatkan. Ia hanya mengoleksi satu trofi yaitu Olimpiade 2008.

8 -Pecahkan rekor gol La Liga Spanyol

Messi menyamai rekor Telmo Zarra sebanyak 251 gol lewat gol tendangan bebasnya, sebelum melampaui rekor itu usai mencetak hattrick ketika membantu timnya mengalahkan Sevilla pada 2014.

9 -Gol ke-500 yang datang di El Clasico

Messi kian melengkapi torehan golnya dengan momen yang tepat. Ia mencatatkan 500 gol lewat aktinya di injury-time saat lawan Real Madrid pada 2017.

10 -Meraih Ballon d'or ke-6

Messi memenangkan Ballon d'Or keenamnya pada Desember tahun lalu. Raihan itu membuatnya mengalahkan Crisitano Ronalo yang sudah mengumpulkan lima penghargaan. Penghargaan itu setelah Messi mengoleksi 54 gol untuk klub dan negaranya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA