Jumat 29 May 2020 15:26 WIB

Benarkah Melantunkan Doa saat Hujan akan Dikabulkan Allah?

Benarkah berdoa di saat hujan akan dikabulkan Allah?

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Benarkah Melantunkan Doa saat Hujan akan Dikabulkan Allah?. Foto: Hujan deras/ilustrasi
Foto: Flickr
Benarkah Melantunkan Doa saat Hujan akan Dikabulkan Allah?. Foto: Hujan deras/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sudah menjadi kadar manusiawi setiap insan bahwa melantunkan doa sejatinya adalah berharap keijabahan dari Allah SWT. Terdapat sejumlah waktu dan momentum yang tepat menghaturkan doa agar diijabah, benarkah akan diijabah ketika hujan turun?

Imam Syafi’i dalam kitabnya berjudul Al-Umm menjabarkan, beliau telah menghafal lebih dari satu orang (yang meriwayatkan hadits) mengenai permohonan ijabah doa pada saat turunnya hujan ketika sholat didirikan.

Baca Juga

Imam Syafi’i pun berkata: “Seseorang yang tidak saya curigai mengabari saya, dia berkata: Abdul Aziz bin Umar menuturkan kepadaku, dari Makhul, dari Nabi SAW, beliau bersabda: ‘Mohonlah ijabah doa ketika bertemunya pasukan, didirikannya sholat, dan ketika turunnya hujan,”.

Pada prinsipnya, berdoa kapan pun itu waktunya tetaplah baik. Sebab doa adalah sikap dan adab manusia terhadap Allah SWT guna menyadari bahwa diri sendiri adalah kecil. Karena kebesaran hanyalah milik Allah.

 

Namun dengan adanya dalil dan juga pendapat Imam Syafi’i yang membenarkan adanya ijabah doa di saat hujan, alangkah baiknya setiap Muslim menggunakan waktu tersebut dengan berdoa dan hal positif. Ketimbang harus bergalau ria jika hujan turun akibat mantan. Naudzubillah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement