Kamis 28 May 2020 19:04 WIB

Karawang Lakukan Pengecekan Kesiapan Jelang New Normal

Pengecekan kesiapan new normal dilakukan di sejumlah mal Karawang.

Rep: Zuli Istiqomah / Red: Nashih Nashrullah
Pengecekan kesiapan new normal dilakukan di sejumlah mal Karawang. Ilustrasi mal.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pengecekan kesiapan new normal dilakukan di sejumlah mal Karawang. Ilustrasi mal.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Kabupaten Karawang bersiap menyambut fase New Normal jelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pola hidup normal kembaki dengan penerapan protokol kesehatan ini rencananya akan diberlakukan menyikapi perkembangan Pandemi Covid-19 saat ini.  

Dandim 0604 Karawang, Medi Haryo Wibowo didampingi Ketua DPRD Karawang, Pendi Anwar mengecek kesiapan penerapan New Normal, Rabu (27/5). lkut dalam kegiatan tersebut di antaranya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang, Ahmad Suroto dan Kepala Satpol PP Kabupaten Karawang, Asep Wahyu.  

Baca Juga

Pengecekan dilakukan ke beberapa mal dan pasar yang akan dibuka kembali dalam waktu dekat setelah masa PSBB berakhir. Cek lokasi dimulai dari Mal Ciplaz Karawang, kemudian Pasar Johar Karawang, Karawang Central Plaza, dan berlanjut di Resinda Mal sebagai lokasi terakhir.   

Dandim menjelaskan, pihaknya melaksanakan kegiatan persiapan penerapan pola hidup normal di tengah Pandemi Covid-19 ini. Pola hidup ini yakni dengan penegakan disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Sebagaimana yang disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo, Bapak Kapolri dan Pangdam Siliwangi, kami siap mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dalam menegakan disiplin ditempat tempat publik dalam mematuhi protokol kesehatan,“ kata dia dalam keterangannya, Kamis (28/5).

Dia menuturkan untuk persiapan new normal, pihaknya akan menempatkan petugas gabungan diantaranya Babinkamtibmas, Polsek, Koramil, Satpol PP, Dishub, dan BPBD di setiap pintu masuk mal dan pasar. Personel ini akan berjaga untuk tetap mencegah penyebaran Covid-19.

Nantinya, kata dia, dapat dibuat pos terpadu yang akan mengingatkan masyarakat untuk menegakan disiplin, mematuhi protokol kesehatan. Di antaranya dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Penerapan new normal sendiri akan disampaikan  Bupati Karawang, kami sifatnya hanya penegakkan disiplin agar mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Dia mengatakan, Kabupaten Karawang memiliki 18 Pasar, 10 mal dan empat Rumah Sakit prioritas dan stasiun kereta api yang tengah dipersiapkan untuk new normal.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement