Kamis 28 May 2020 16:01 WIB

Rapid Test dari Pelindo III Terbuka Untuk Masyarakat

Hasil rapid test jadi syarat calon penumpang di pelabuhan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sediakan 50 ribu alat rapid tes Covid-19 gratis bagi warga di Jawa Timur (Jatim), Kamis (28/5).
Foto: dok. Pelindo III
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) sediakan 50 ribu alat rapid tes Covid-19 gratis bagi warga di Jawa Timur (Jatim), Kamis (28/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelindo III menyediakan rapid testCovid-19 gratis dan terbuka bagi masyarakat. Layanan ini akan dilakukan berkala.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, bantuan ini Pelindo III sediakan untuk masyarakat maritim di Jawa Timur seperti pelaku logistik antar pulau, nelayan, masyarakat pesisir, warga di wilayah pelabuhan perikanan dan penyeberangan. Begitu warga di pondok pesantren serta masyarakat lainnya dengan dikoordinasikan bersama Pemerintah Provinsi Jatim dan BPBD.

Baca Juga

Doso menyampaikan pada tahap pertama, Pelindo III melakukan rapid test di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, dan selanjutnya pelabuhan penyeberangan Ketapang di Banyuwangi. Pelindo III secara berkala akan menggelar rapid test dalam waktu dekat.

"Pelindo III ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapat fasilitas deteksi dini Covid-19 tersebut," ujar Doso dalam keterangan tertulis yang diterima Republika di Jakarta, Kamis (28/5).

Kepala Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Pelabuhan Tanjung Perak M Dahri mengatakan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan menyambut baik bantuan rapid test Covid-19 yang dilakukan secara bertahap dari Pelindo III untuk masyarakat maritim di Jawa Timur.

"Aturannya, untuk memutus penyebaran covid-19 hingga ke daerah setiap calon penumpang harus menyertakan hasil rapid test," ujar Dahri.

Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak mengapresiasi Pelindo III yang menyediakan rapid test gratis. Hal ini sangat membantu sekaligus sebagai bentuk sosialisasi pelayanan baru di pelabuhan penumpang.

Salah satu warga nelayan pesisir setempat sekaligus calon penumpang kapal tujuan Pulau Sapudi yang mengikuti rapid test Covid-19 gratis, Ismail (40 tahun), mengaku senang. Menurutnya, lokasi pemukiman yang jauh dari perkotaan membuat mereka sulit mendapatkan fasilitas tersebut, sementara mereka juga ingin memastikan kondisi di sekitar lingkungannya di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Ini pengalaman pertama saya ikut rapid test. Sebelumnya kami sama sekali belum pernah ikut, paling cuma tes suhu badan saja. Selain karena rumah saya jauh dari kota, harganya juga mahal rapid test itu," kata Ismail.

Dalam pelaksanaannya, Pelindo III berkoordinasi dengan gugus tugas dan Pemerintah Daerah setempat membahas teknis pelaksanaan bantuan 50 ribu rapid test massal gratis tersebut. Pelindo III juga terus memperkuat teknis penanganan Covid-19 melalui RS Pelindo 3 yaitu RS PHC Surabaya dengan membangun Laboratorium Swab PCR dan menambah fasilitas ruang isolasi dari 17 ruang menjadi 200 ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement