Kamis 28 May 2020 12:45 WIB

Beruang Ini Terperangkap dengan Umpan Donat

Memerangkap beruang bukanlah hal yang mudah.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
 Beruang (ilustrasi)
Foto: Lucy Nicholson/Reuters
Beruang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, FORT MYERS -- Seekor beruang hitam berkeliaran di sekitar kota Florida. Dia berhasil masuk dalam perangkat yang diberi umpanan dengan makanan donat.

Laporan Fort Myers News-Press menyatakan beruang muda seberat 113 kilogram menghabiskan sebagian besar Selasa (26/5) pagi berjalan-jalan di sekitar kota pantai Teluk. Pejabat margasatwa mengatakan, beruang cenderung lebih banyak bergerak di musim semi untuk mencari pasangan dan tentu saja makanan.

Baca Juga

Petugas Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida, Adam Brown menyatakan, di daerah yang padat seperti itu, menenangkan beruang bukanlah suatu pilihan. Dia mengatakan obat-obatan tidak selalu bekerja dengan segera pada hewan besar seperti beruang.

"Ketika kita menggunakan obat penenang, beruang kadang-kadang akan melarikan diri, dan kita tidak ingin mengambil risiko lari ke lalu lintas atau daerah perumahan," kata Brown.

Sebagai gantinya, petugas beralih memancing beruang besar itu dengan donat dari Krispy Kreme dan beberapa semprotan aroma blueberry pie dalam perangkap. Ide unik ini ternyata berhasil menarik perhatian beruang dan membuatnya masuk ke perangkap yang sudah disediakan.

Brown mengatakan, beruang itu dipindahkan ke area satwa liar yang dikelola negara. Pihak berwenang memperkirakan ada sekitar 4.000 beruang hitam di Florida.

Pejabat margasatwa mengatakan, orang-orang harus memastikan untuk mengamankan tong sampah dan tidak boleh mengeluarkannya pada malam sebelum pengambilan. Kondisi ini hanya memberikan kesempatan lebih banyak kesempatan beruang untuk mendekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement