Kamis 28 May 2020 09:40 WIB

Fakta Kamaru Usman, Petarung Muslim yang Menantang McGregor

Kamaru Usman berstatus sebagai pemegang gelar kelas welter UFC.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Kamaru Usman
Foto: twitter
Kamaru Usman

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Kamaru Usman belakangan menjadi buah bibir. Itu bersamaan dengan muncul wacana pertarungan antara yang bersangkutan melawan Conor McGregor di arena Ultimate Fighting Championship (UFC).

Saat ini, ia berstatus pemegang gelar kelas welter UFC. Berikut beberapa catatan seputar atlet berusia 33 tahun itu, disadur dari sherdog.com.

1. Berasal dari Nigeria

Usman lahir pada 11 Mei 1987, di Benin, Ibukota Negara Bagian Edo di Nigeria Selatan. Ketika berusia lima tahun, Usman dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Kendati meninggalkan negaranya di usia belia, Usman masih identik dengan Nigeria. Ia sampai dijuluki 'The Nigerian Nightmare'. Dia mendapatkan banyak pengikut di tanah kelahirannya.

2. Pegulat berbakat

Sebelum muncul di level prosefesional MMA (Mixed Martial Arts), Usman adalah seorang pegulat. Dia termasuk atlet unggulan di cabor tersebut, di sekolahnya. Selama berada di Bowie High School du Arlington, Texas, Amerika Serikat, Usman mencatat rekor gulat, 53-3.

Setelah lulus dari sekolah tersebut, Usman menuju Universitas Nebraska di Kearney. Di sana ia melanjutkan aktivitas gulatnya secara kompetitif. Dia mendapatkan penghargaan NCAA Divisi II All-America. Dia juga juara nasional Divisi II NCAA 2010.

3. Masuk UFC melalui 'The Ultimate Fighter'

Usman telah memiliki rekor MMA Profesional, 5-1 ketika mengikuti 'the Ultimate Fighter' pada 2015. Dalam konteks pertamanya di acara itu, ia meraih kemenangan angka Majority Decision atas Michael Graves.

Kemudian kemenangan angka mutlak atas Steve Carl. Itu membuat Usman maju ke final di musim tersebut. Di partai puncak ia menumbangkan Hayder Hassan. Ia menggunakan keahlian gulatnya saat mendominasi partai final ini.

4. Jawara TKO

Dia juga menghancurkan mereka melalui keahlian gulatnya, untuk meraih kemenangan. Dia memiliki catatan, enam kemenangan angka, enam kemenangan KO atau TKO. Statistik tersebut tidak termasuk catatan yang bersangkutan sebelum ada di 'The Ultimate Fighter'. Jadi kalau digabung secara keseluruhan rekor jagoan Nigeria ini menjadi 17-1.

5. Punya saudaranya yang juga atlet MMA

Saudara Usman Kamaru, Mohammed Kamaru juga petarung MMA. Mantan atlet football di perguruan tinggi itu bersaing di divisi kelas berat. Kini Mohammed telah memiliki rekor profesional 3-1. Kendati mereka ada di profesi serupa, keduanya jarang berlatih bersama.

6. Penantang McGregor

Usman telah menyampaikan niatnya secara terbuka untuk menantang petarung asal Irlandia, Conor McGregor dan mengabaikan tawaran untuk bertarung melawan Jorge Masvidal. Kemampuannya sebagai pegulat, membuat sejumlah pihak menjagokannya dapat menaklukkan McGregor

7. Petarung muslim yang menguasai UFC

UFC saat ini memiliki dua petarung muslim yang dominan yaitu Kamaru Usman dan Khabib Nurmagomedov. Usman menjadi pemegang gelar juara dunia di kelas welter, sedangkan Khabib adalah raja kelas ringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement