Kamis 28 May 2020 07:18 WIB

Wisata Garut Dibuka 2 Juni, Pengelola Diminta Bersiap

Setiap pengelola objek wisata harus bersiap untuk menerapkan protokol kesehatan.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Kabupaten Garut siap membuka kembali objek-objek wisata mulai 2 Juni mendatang. Kepastian tersebut disampaikan Bupati Garut Rudy Gunawan pada Rabu (27/5).

Meski akan dibuka pada awal Juni tetapi Rudy memastikan tempat wisata tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah wabah Covid-19. "Tempat wisata akan dibuka oleh kami per 2 Juni, dengan syarat protokol kesehatan," kata dia.

Ia menuturkan, objek wisata kembali dibuka karena kondisi Kabupaten Garut masuk dalam zona biru yang bisa menerapkan new normal dalam kegiatan masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan.

Ia menyampaikan, setiap pengelola objek wisata harus mulai bersiap untuk menerapkan protokol kesehatan di lingkungannya di tengah wabah Covid-19.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, kata dia, akan menerjunkan personel dari Satpol PP dibantu petugas keamanan lainnya untuk mengawasi kawasan wisata.

"Sama dengan di mal (dijaga TNI dan polisi) cuma di tempat wisata akan ada tambahan unsur Satpol PP," katanya.

Ia menyampaikan, secara khusus Pemkab Garut akan mengumpulkan para pelaku usaha wisata dalam rencana penerapan protokol kesehatan di sektor pariwisata.

Termasuk aturan di hotel, kata dia, harus menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

"Hotel boleh buka, tapi gunakan social distancing, Jumat ini akan kumpulkan pengusaha hotel oleh Wabup dan Kadis Pariwisata," katanya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement