Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Pengembang Gim Diajak Ciptakan Permainan Edukasi Covid-19

Kamis 28 May 2020 02:24 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Ilustrasi Game Online

Ilustrasi Game Online

Foto: Foto : MgRol_94
Kemenparekraf dan AGI menggelar program Game Lokal Kreasi Indonesia 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) menggelar program Game Lokal Kreasi Indonesia (Gelora) 2020. Kegiatan ini yang memberi kesempatan para pengembang (developer) gim lokal untuk berkarya menciptakan gim (permainan) edukatif.

Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Josua Simandjuntak, mengajak para pengembang berani mengajukan ide-ide mereka dalam membuat gim. "Kami ingin memberikan sebuah tantangan sekaligus stimulus bagi para developer game lokal untuk merealisasikan ide-ide mereka dan menjadikan game tersebut menjadi sebuah karya untuk kita nikmati bersama," kata Josua  dalam peluncuran Gelora 2020 di Jakarta, Rabu (27/5).

Nantinya Kemenparekraf/Baparekraf akan sepenuhnya memberikan fasilitasi hingga gim tersebut dapat terealisasi dan dinikmati masyarakat luas. Josua mengatakan gim merupakan salah satu media yang tidak hanya menjadi sarana hiburan tapi juga media informasi dan edukasi. Untuk itu, dalam Gelora 2020 pihaknya mensyaratkan ide gim yang diajukan harus terkait dengan edukasi mengenai Covid-19 yang mengacu ke dokumen resmi dari Kementerian Kesehatan.

Dia berharap masyarakat nantinya tidak hanya mendapatkan hiburan, namun juga teredukasi dengan cara yang menyenangkan. "Ide-ide gim tersebut harus yang dapat memberikan edukasi mengenai Covid-19 seperti jaga jarak, memakai masker, bangga buatan Indonesia, juga kenormalan baru," ujarnya.

Pengembang gim lokal yang tertarik dapat menyampaikan ide gim mereka dalam bentuk dokumen proposal, video pitch, dan surat pernyataan yang harus dikirimkan hingga 4 Juni 2020.

Menurut Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf Syaifullah, melalui kegiatan ini diharapkan semakin menggairahkan pengembang gim Indonesia untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya. Selain itu juga dapat mendorong tidak hanya supply site tapi juga demand site yang mengutamakan gim buatan lokal.
                               
"Size di industri gim ini sangat besar sehingga bisa menjadi peluang bagi pemerintah untuk juga memaksimalkan komoditas berbasis kreativitas," kata Syaifullah. Mereka yang tertarik dapat mencari lebih lanjut informasi terkait Gelora 2020 di laman agi.or.id/gelora-2020.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA