Satgas Covid-19 DPR dan Kemenkes Bahas Protokol New Normal

Meski kurva pertambahan kasus masih meningkat, namun roda ekonomi harus berjalan

Rabu , 27 May 2020, 18:46 WIB
Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad (ketiga kiri) bersama petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) (kedua kiri) berbincang dengan penumpang saat sidak di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (23/5/2020). Dalam sidaknya, tim Satgas COVID-19 DPR memeriksa penerapan protokol kesehatan bagi penumpang di bandara tersebut
Foto: ANTARA/fauzan
Koordinator Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad (ketiga kiri) bersama petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) (kedua kiri) berbincang dengan penumpang saat sidak di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (23/5/2020). Dalam sidaknya, tim Satgas COVID-19 DPR memeriksa penerapan protokol kesehatan bagi penumpang di bandara tersebut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 DPR RI meninjau persiapan protokol yang akan digunakan untuk menghadapi new normal atau tatanan normal baru ke Kantor Kementerian Kesehatan RI, Rabu siang (27/5). Dipimpin langsung Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad memprioritaskan bagaimana protokol new normal bisa dijalankan sesuai dengan protokol Covid-19.

“Prioritas utama kita adalah tentang bagaimana tatanan hidup baru dipenuhi dengan protokol Covid-19. Kami datang selain memberikan dukungan juga memastikan protokol new normal di semua sektor lebih dipersiapkan, sehingga sektor-sektor lainnya kemudian akan dipandu untuk membuat SOP dengan kebutuhan di tempat masing-masing,” kata Dasco dalam wawancara singkat usai pertemuan di Kantor Kementerian Kesehatan.

Meski saat ini kurva pertambahan kasus masih terus meningkat, Dasco tetap menilai tatanan hidup baru tidak bisa terelakkan. “Tatanan hidup baru ini tidak bisa meninggi lebih lama, karena biar bagaimanapun rakyat kita juga sedang susah. Upaya untuk menurunkan kurva dan menggerakan roda ekonomi itu harus saling berjalan, untuk protokol new normal harus diikuti oleh semua sektor untuk menjamin tenaga kerja, anak sekolah, dan lain-lain,” katanya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan peraturan-peraturan turunan dalam menghadapi tatanan normal baru sudah disiapkan. Terlebih, dengan dukungan Satgas Lawan Covid-19 DPR memberikan penjelasan yang lebih detail agar implementasinya bisa dikerjakan dengan baik.

“Peraturan-peraturan turunan sudah disiapkan, ini sudah disiapkan dan apalagi dengan kunjungan dari Satgas Lawan Covid-19 ini makin detail dan implementasinya makin bisa dikerjakan dengan baik. Yang paling penting yang paling penting dukungan dari DPR sangat membantu kami membuat protokol protokol yang lebih mendetail,” kata Menkes.

Mengenai waktu pelaksanaan dan terkait apakah nantinya daerah-daerah akan mengajukan izin new normal kepada Kemenkes, Terawan menjawab untuk tetap menunggu. “Tunggu tanggal mainnya, semua disiapkan, protokol-protokolnya semua sudah disiapkan. Nanti arahan dari pemerintah akan muncul, kita akan terus juga berkonsultasi dengan Satgas DPR, mudah-mudahan semua bisa berjalan,” katanya.

Dibentuk pada awal April lalu, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI berkomitmen untuk bergotong-royong membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) hingga ke tiap-tiap daerah. Dalam kesempatan tersebut, Dasco menegaskan selain memberi masukan kepada pemerintah, Satgas juga melakukan peninjauan ke berbagai sektor untuk lantas guna memastikan sejauh mana protokol-protokol kesehatan dibuat sesuai dengan kebutuhan masing-masing sektor pelaksana kebijakan.

“Bukan hanya ke sektor kesehatan, pendidikan, dan usaha tetapi kami juga akan meninjau aparat penegak hukum untuk mendiskusikan protokol kesehatan ini bisa dilaksanakan dan diawasi dengan baik. Karena protokol kesehatan ini sebenarnya dibuat untuk masyarakat, untuk rakyat kita. Nantinya kita lihat sama-sama dari pemangku kebijakan hasil evaluasi diputuskan kapan mulainya, tetapi sebelum kapan mulai kita harus disiapkan dulu protokolnya untuk keselamatan rakyat,” tutur Dasco.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Leba (F-Golkar), Anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen (F-PDIP), Putih Sari (F-Gerindra), dan Anggota Komisi III DPR RI Andre Rosiade, Wihadi Wiyanto dan Habiburokhman (F-Gerindra).