Rabu 27 May 2020 17:07 WIB

Persentase Laki-Laki Meninggal karena Covid-19 Lebih Tinggi

Laki-laki meninggal karena Covid-19 sebesar 63,3 persen dan perempuan 36,7 persen.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan persentase laki-laki yang meninggal akibat terpapar Covid-19 lebih tinggi dibandingkan perempuan. Ia menyebut, sebanyak 63,3 persen laki-laki meninggal karena Covid-19, sedangkan perempuan sebanyak 36,7 persen.

“Kami sampaikan bahwa antara pria dan wanita yang terpapar Covid itu dan juga meninggal laki-laki memiliki persentase yang lebih tinggi, yaitu 63,3 persen, sementara wanita 36,7 persen,” ujar Doni saat memberikan keterangan pers, Rabu (27/5).

Baca Juga

Sementara itu, kelompok masyarakat yang memiliki penyakit komorbid terpapar virus corona paling tinggi adalah penderita hipertensi, diikuti oleh penderita diabetes melitus, penyakit jantung, penyakit paru obstruktif kronis, gangguan napas, penyakit ginjal, asma, kanker, TBC, penyakit hati, dan gangguan imun. “Ini adalah kondisi penyerta positif Covid berturut-turut dari mulai hipertensi yang tertinggi,” katanya menambahkan.

Risiko kematian tertinggi setelah terinfeksi corona ada pada penderita penyakit ginjal, diikuti penyakit imun, HIV-AIDS, penyakit lupus, penyakit kanker, penyakit diabetes melitus, hipertensi, gangguan napas, kehamilan, penyakit hati, asma, dan TBC.

Doni pun meminta agar masyarakat yang masuk dalam kelompok rentan tersebut dapat menjaga diri sehingga terhindar dari infeksi corona. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement