Rabu 27 May 2020 16:36 WIB

Cara Membersihkan Sendiri AC di Rumah

Tak terlalu sulit untuk membersihkan sendiri AC di rumah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pendingin ruangan (AC) harus dibersihkan secara berkala agar filternya tak tersumbat debu.
Foto: Indian Express
Pendingin ruangan (AC) harus dibersihkan secara berkala agar filternya tak tersumbat debu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta masih berlaku hingga awal Juni 2020. Selama periode ini, orang harus tinggal di rumah dan sulit untuk menemukan teknisi servis untuk memperbaiki barang-barang elektronik, termasuk pendingin ruangan (AC).

Memanggil teknisi ke rumah pun cukup berisiko dalam hal penyebaran virus corona tipe baru penyebab Covid-19. Agar AC tetap bekerja dengan baik saat cuaca panas, cobalah untuk membersihkannya secara berkala.

Baca Juga

Seperti dilansir laman Indian Express, AC bisa dibersihkan sendiri dengan peralatan yang ada di rumah. Langkah pertama untuk membersihkannya adalah mematikan AC, mencabut saklar, dan membuka panel AC.

Setelah itu, bersihkan filter. Jika unit Anda memiliki lebih dari satu filter, copot satu per satu.

photo
Cara membersihkan pendingin ruangan (AC). - (Indian Express)

Untuk membersihkan filter, guyur dengan air mengalir secara saksama. Biarkan filter mengering dan letakkan kembali.

Ambil sikat gigi dan bersihkan evaporator dengan lembut untuk menghilangkan kotoran. Anda harus ekstra hati-hati saat melakukan ini karena sirip tajam dari kumparan evaporator dapat melukai kulit. Setelah menggunakan sikat gigi, ambil kain bersih dan bersihkan debu dari AC.

photo
Cara membersihkan pendingin ruangan (AC). - (Indian Express)

Pasang kembali panel AC. Sekarang, nyalakan AC. Sesederhana itu caranya.

Akan tetapi, Qingyan Chen PhD, profesor di Purdue University, AS yang meneliti transmisi virus lewat ventilasi mengatakan, membersihkan filter AC merupakan ide buruk di masa pandemi Covid--19. Dalam wawancaranya dengan Best Life, ia mengingatkan bahwa AC dapat menyebarkan virus corona dengan resirkulasi droplet yang terlalu kecil untuk disaring oleh sistem.

Kemungkinan penyebaran Covid-19 melalui AC bahkan lebih besar jika rumah Anda memakai AC sentral, bukannya unit window. Apalagi jika seseorang di rumah sudah terinfeksi dengan virus corona.

Sementara itu, laman Farnendermer dikutip Indian Express mengungkapkan, membersihkan unit outdoor agak sulit. Anda harus mencabut colokan AC dan menyedot debu sirip kondensor di bagian atas AC. Setelah ini, gunakan penyedot debu berbulu halus untuk menghilangkan debu atau serpihan yang dapat menghambat aliran udara

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement