Rabu 27 May 2020 12:08 WIB

5 Cara Sederhana Tingkatkan Kualitas Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala dan gangguan pencernaan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tidur (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tidur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Kualitas tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan Anda. Namun akhir-akhir ini, banyak orang meremehkan pentingnya tidur teratur dan nyenyak.

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, di antaranya sakit kepala, diabetes, dan gangguan pencernaan. Berikut lima cara efektif untuk membantu meningkatkan pola dan kualitas tidur Anda seperti dilansi di laman News Bytes, baru-baru ini:

1. Minimalkan penggunaan lampu dan suara pada malam hari

Untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, penting untuk memiliki lingkungan yang tenang. Lampu terang dan suara keras dapat membuat stres dan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Jadi, ciptakan suasana yang tenang dan remang-remang sebelum tidur. Anda bisa menggunakan aksesoris tidur seperti masker mata dan penyumbat telinga masker mata.

2. Batasi konsumsi kafein

Ternyata, para ibu berhak menasihati anak-anak mereka agar tidak minum kopi atau teh pada malam hari. Meskipun kafein mengandung banyak manfaat kesehatan, tetapi jika dikonsumsi pada malam hari, kafein dapat merangsang sistem saraf sehingga mengurangi kemampuan Anda untuk tertidur. Jadi, hindari kafein menjelang waktu tidur karena dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

3. Pertahankan rutinitas tidur yang tetap

Cobalah untuk mempertahankan rutinitas tidur yang tetap setiap hari. Artinya, Anda harus bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, termasuk pada akhir pekan. Ini membantu mengatur jam tubuh Anda dan memungkinkan kualitas tidur yang lebih baik. Anda juga dapat mencoba mengikuti ritual relaksasi. Ini merujuk pada rutinitas yang dipilih seseorang untuk tampil setiap malam guna membantu diri mereka sendiri tertidur. Salah satunya dengan membaca buku.

4. Kuras energi energi lewat latihan fisik

Lakukan latihan keras pada siang hari untuk mendapatkan hadiah tidur malam yang nyenyak. Latihan fisik akan menegangkan otot sehingga membuat mereka stres dan lelah. Ini membantu Anda tertidur lebih cepat dan juga memberi Anda peningkatan kualitas tidur. Selanjutnya, istirahat yang cukup penting bagi otot Anda untuk pulih dari stres saat berolahraga. Jadi, ini bekerja dua arah.

5. Gunakan lilin dan aroma yang ringan

Terakhir, pasang lilin dan aroma diffuser di kamar Anda. Barang-barang tersebut bermanfaat untuk membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Selanjutnya, cahaya lilin dan minyak aroma memiliki efek menenangkan otak. Jadi, mulailah mengikuti tips ini untuk mencetak skor kualitas tidur yang baik setiap malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement