Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Biden Sebut Trump Pemimpin Bodoh Ejek Penggunaan Masker

Rabu 27 May 2020 11:48 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih

Joe Biden. Menurut Biden sebagai pemimpin Trump semestinya memberikan contoh yang baik. Ilustrasi.

Joe Biden. Menurut Biden sebagai pemimpin Trump semestinya memberikan contoh yang baik. Ilustrasi.

Foto: Reuters
Menurut Biden, sebagai pemimpin Trump semestinya memberikan contoh yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden menyebut Presiden Donald Trump sebagai "orang bodoh" karena mengejek penggunaan masker di ruang publik. Menurut Biden, sebagai pemimpin Trump semestinya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

Komentar Biden ini sehari setelah dia muncul di ruang publik untuk pertama kalinya setelah lebih dari dua bulan. Biden bersama istrinya, Jill, mengenakan masker kain berwarna hitam ketika menghadiri acara Memorial Day di taman makam pahlawan. Trump kemudian melontarkan cicitan di Twitter yang mengolok-olok foto Biden dan maskernya.

"Dia bodoh, benar-benar bodoh berbicara seperti itu. Dia seharusnya memimpin dengan memberi contoh," ujar Biden dalam wawancara dengan CNN.

Pejabat federal telah merekomendasikan agar seluruh masyarakat mengenakan masker ketika berada di tempat umum dan menjaga jarak sosial minimal 1,8 meter. Namun, Trump menolak untuk mengenakan masker. Berdasarkan jajak pendapat, warga Amerika yang konservatif cenderung enggan menggunakan masker.

Biden mengatakan, Presiden Trump sedang memolitisasi pandemi virus corona sehingga memicu kematian dalam jumlah besar. "Itu tidak akan meningkatkan kemungkinan bahwa orang akan menjadi lebih baik," kata Biden.

Trump sempat mempertanyakan mengapa Biden harus mengenakan masker di luar ruangan ketika cuaca cerah, tetapi dia mencopot maskernya ketika berada di dalam rumah bersama istrinya. Selama ini Trump selalu menolak mengenakan masker di Gedung Putih maupun di acara-acara lain di ruang publik.

"Dia berdiri di luar bersama istrinya, cuaca sangat sempurna. Ketika mereka di dalam rumah, mereka tidak mengenakan masker dan saya pikir itu hal yang tidak biasa. Saya sama sekali tidak mengkritiknya. Mengapa saya harus melakukan itu?" ujar Trump.

Ejekan ini bukan yang pertama kali diutarakan oleh Trump kepada Biden. Sebelumnya, Trump berulang kali mengejek rival politiknya itu karena terlalu tua untuk duduk di Gedung Putih. Padahal, usia keduanya hanya terpaut empat tahun.

Baca Juga

Trump berusia 73 tahun, sedangkan Biden berusia 77 tahun. Keduanya merupakan orang lanjut usia yang rentan terpapar virus corona.

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA