Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Munchen Taklukkan Dortmund pada Der Klassiker Bundesliga

Rabu 27 May 2020 01:28 WIB

Red: Israr Itah

Para pemain Bayern Munchen merayakan gol yang dicetak Joshua Kimmich (tengah) ke gawang Borussia Dortmund dalam pertandingan pekan ke-28 Bundesliga.

Para pemain Bayern Munchen merayakan gol yang dicetak Joshua Kimmich (tengah) ke gawang Borussia Dortmund dalam pertandingan pekan ke-28 Bundesliga.

Foto: EPA-EFE/Federico Gambarini
Dortmund menyerah 0-1 dari Munchen pada laga pekan ke-28 Bundesliga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayern Munchen masih terlalu tangguh bagi Borussia Dortmund. Walau tampil di kandang sendiri Signal Iduna Parks, Dortmund menyerah 0-1 dari Munchen pada laga pekan ke-28 Bundesliga yang berakhir pada Rabu (27/5) dini hari WIB. Joshua Kimmich mencetak gol semata wayang kemenangan Munchen pada laga panas bertajuk Der Klassiker.

Kemenangan ini membuat Munchen makin kokoh di puncak klasemen Bundesliga. Munchen mengoleksi nilai 64, atau unggul tujuh poin dari Borussia Dortmund di posisi kedua. Kekalahan ini juga membuat posisi Dortmund rawan tergeser oleh RB Leipzig yang baru akan bertanding pada Rabu malam WIB.

Baca Juga

Jalannya laga

Pertandingan kedua tim berlangsung ketat meskipun tanpa penonton. Kedua tim sama-sama ngotot untuk membuka keunggulan lebih dulu. Akan tetapi tak ada peluang matang yang benar-benar hadir sepanjang babak pertama.

Tapi Munchen kemudian menghentak pada menit ke-43, lebih karena kejelian Kimmich. Munchen yang mencoba menggedor pertahanan rapat Dortmund kesulitan hingga satu momen bola dicocor keluar oleh bek Dortmund Manuel Akanji. Kimmich menyambutnya dan tak berpikir lama langsung melepaskan tendangan lob.

Pilihan ini terbukti brilian karena kiper Dortmund, Roman Burki, sedikit keluar dari sarangnya. Ia mencoba menepis bola. Meski sempat menyentuhnya, Burki tak mampu menghalau si kulit bundar menembus jala gawangnya. SKor 1-0 untuk Munchen.

Pelatih Dortmund kemudian memasukkan Jadon Sancho dan Emre Can pada awal babak kedua untuk memperkuat serangan. Masuknya kedua pemain ini membuat serangan Dortmund sedikit menggigit. Tapi justru Munchen hampir menambahs skor. Kali ini Leon Goretzka melepas tendangan dari kotak penalti yang kali ini mampu ditepis Burki.

Kesempatan besar pertama Dortmund hadir pada menit ke-59. Erling Haaland gagal menyambut bola di kotak penalti karena upaya Jerome Boateng menggagalkannya. Padahal, Haaland tinggal melepaskan tendangan.

Tayangan ulang memperlihatkan Boateng menyentuh bola dengan tangannya. Tapi tak ada penalti untuk Dortmund.

Sejak ini, Dortmund terus mengambil inisiatif serangan, Tapi Manuel Neuer bisa mengantisipasi bahaya di gawang Munchen.

Menit ke-81, Robert Lewandowski melepaskan tendangan yang hanya menerpa tiang, Skor tetap tak berubah hingga injury time tiga menit berlalu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA