Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Toyota, Nissan dan Honda Kembali Buka Pabrik

Selasa 26 May 2020 23:10 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi

Seorang anak laki-laki melintas di depan logo Toyota di Tokyo. Beberapa produsen mobil asal Jepang akan kembali membuka pabrik mereka di Meksiko.

Seorang anak laki-laki melintas di depan logo Toyota di Tokyo. Beberapa produsen mobil asal Jepang akan kembali membuka pabrik mereka di Meksiko.

Foto: AP Photo/Koji Sasahara
Covid-19 membuat pemerintah Meksiko khawatir membuka aktivitas ekonomi terlalu cepat.

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO -- Sejumlah produsen mobil seperti Toyota, Nissan dan Honda akan kembali beroperasi secara bertahap di Meksiko. Rencana tersebut sejalan dengan dibukanya pusat industri otomotif Meksiko setelah pemerintah melonggarkan aturan lockdown

Pada pertengahan Mei, pemerintah Meksiko mengatakan industri otomotif bisa terbebas dari aturan lockdown sebelum 1 Juni. Namun, izin operasi kembali bisa diperoleh apabila perusahaan bisa memastikan aktivitas dan lingkungan kerja aman dari virus korona.

Baca Juga

Meski demikian, ketiga produsen mobil asal Jepang itu belum dapat memastikan kapan tepatnya akan beroperasi. Dilansir Reuters, Toyota Motor Corp dan Nissan Motor Co Ltd saat ini sedang melakukan sejumlah persiapan untuk keperluan tersebut. 

Sejak terjangkit pada Februari lalu, Meksiko telah melaporkan total kasus infeksi korona mencapai 68.620 dan korban meninggal sebanyak 7.394. Hal tersebut membuat pemerintah Meksiko khawatir membuka aktivitas ekonomi terlalu cepat. 

Akibatnya, pekan lalu gubernur kota Puebla, tempat diproduksinya Volkswagen dan Audi, menyatakan tidak akan membuka kembali industri otomotif dalam waktu dekat. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA