Selasa 26 May 2020 18:49 WIB

Labkesda Kepulauan Babel Dipastikan Siap Periksa Covid-19

Gubernur Babel sebut Labkesda akan digunakan untuk pemeriksaan tes swab Covid-19

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Selasa (26/5) siang, kunjungi UPT Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Labkesda Dinkes Babel).
Foto: Pemprov Babel
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Selasa (26/5) siang, kunjungi UPT Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Labkesda Dinkes Babel).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, Selasa (26/5) siang, kunjungi UPT Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Labkesda Dinkes Babel).

Kehadiran Gubernur Erzaldi kali ini untuk memastikan kesiapan laboratorium yang digunakan untuk pelaksanaan pemeriksaan tes swab Covid-19 masyarakat Bangka Belitung, yang sejak kemarin pelaksanaannya sementara dilakukan di Klinik Kesehatan Dinkes Provinsi Kepulauan Babel di samping Kantor Gubernur Kepulauan Babel.

Gubernur Erzaldi mengatakan bahwa hari ini pihaknya memastikan dan mengecek kesiapan perpindahan alat PCR dari tempat sementara yaitu di klinik kesehatan ke Labkesda Dinkes Babel ini.

Perpindahan ini dilakukan menyusul selesainya pembangunan labkesda, dengan gedung bertekanan negatif sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sebagai Laboratorium Pemeriksaan Covid-19.

"Mudah-mudahan perpindahan ini tidak mengganggu alat PCR yang digunakan untuk melakukan tes swab masyarakat Bangka Belitung. Diperkirakan malam ini sudah selesai dan tinggal penginstalan," ungkapnya.

Terkait keharusan pelaksanaan tes swab bagi masyarakat yang akan berkunjung ke Provinsi DKI Jakarta, Gubernur Erzaldi menjelaskan bahwa memang saat ini DKI Jakarta mengeluarkan aturan bagi siapa saja yang akan berkunjung ke Jakarta harus melakukan tes swab. Bagi masyarakat Bangka Belitung yang memang harus pergi ke Jakarta diharapkan mencari laboratorium atau rumah sakit yang mengadakan tes swab. 

Ke depan, menurut Gubernur Erzaldi tidak menutup kemungkinan juga dilakukan bagi masyarakat yang akan masuk ke Bangka Belitung. "Seperti Jakarta, tes swab saya pikir akan lebih aman untuk memastikan seseorang apakah ada Covid-19 di dalam tubuhnya," pungkasnya. 

Ikut mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Babel, drg. Mulyono; Kepala UPT Labkesda Dinkes Babel, Kepala UPTD Labkesda Babel, dr. Astrid, dan teknisi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement