Selasa 26 May 2020 17:18 WIB

Setelah pada Kera, Thailand Uji Vaksin Corona pada Manusia

Saat ini vaksin sedang dites pada 13 ekor kera.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Yeyen Rostiyani
Setelah pada Kera, Thailand Uji Vaksin Corona pada Manusia. Tampak ilustrasi pembuatan vaksin.
Foto: AP Photo/John Minchillo
Setelah pada Kera, Thailand Uji Vaksin Corona pada Manusia. Tampak ilustrasi pembuatan vaksin.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Tim peneliti vaksin Covid-19 Thailand menjadwalkan melakukan uji vaksin potensial untuk virus corona baru pada manusia Agustus. Saat ini vaksin sedang dites pada kera.

"Kami menyuntikkan vaksin ke 13 kera ekor panjang pada Sabtu (23/5). Pengujian hewan akan memakan waktu tiga bulan dan hasilnya diharapkan pada akhir Agustus," kata Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Vaksin Universitas Chulalongkorn  Dr. Kiat Rakrungtham pada Senin (25/5), dikutip laman Xinhua. Dia menjadi bagian dari tim peneliti vaksin Covid-19 di Thailand. 

Kiat mengatakan, jika percobaan pada kera-kera itu berhasil, tim akan menggunakan antibodi terbaik dari mereka. Tujuannya menghasilkan dosis vaksin untuk percobaan manusia. "Kami sedang mencari relawan untuk direkrut dan masing-masing akan menerima dua kali suntikan," ujarnya.

Dia mengungkapkan sebuah pabrik di Kanada akan dikontrak untuk memproduksi vaksin yang diperuntukkan bagi uji coba manusia. Sebelum vaksin diberikan kepada semua partisipan, ia akan terlebih dahulu diuji pada 30 hingga 50 sukarelawan untuk menentukan keamanannya.

"Jika lolos, vaksin akan diberikan kepada lebih dari 250 orang untuk menguji kemampuannya mengaktifkan sistem kekebalan. Setelah itu, vaksin akan diberikan kepada sukarelawan yang tersisa untuk menguji kemanjurannya dalam mencegah Covid-19," kata Kiat.

Saat ini Thailand memiliki lebih dari 3 ribu kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 57 jiwa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement