Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Gugus Tugas Pangkalpinang Lakukan Tes Swab Massal

Selasa 26 May 2020 13:57 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Warga mengikuti test swab Covid-19. Tes swab menyasar warga yang pernah kontak dengan pasien berinisial A. Ilustrasi.

Warga mengikuti test swab Covid-19. Tes swab menyasar warga yang pernah kontak dengan pasien berinisial A. Ilustrasi.

Foto: MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA
Tes swab menyasar warga yang pernah kontak dengan pasien berinisial A

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan swab test massal. Tes swab menyasar warga yang pernah kontak dengan pasien berinisial A. Pasien itu adalah seorang kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota setempat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Rencananya, hari ini kami akan melakukan swab test atau tes usap dengan objek cairan tenggorokan kepada 75 orang berdasarkan penelusuran warga yang pernah kontak dengan pasien A," kata Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang, Masagus Hakim, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, sebelumnya tim gugus tugas juga sudah melakukan tes usap kepada 54 orang yang juga pernah kontak dengan pasien A. Sebanyak 20 orang di antaranya merupakan bawahan pasien A.

"Untuk yang sudah diambil sampel pemeriksaan, saya imbau agar melakukan isolasi mandiri hingga hasil pemeriksaan tersebut keluar," katanya.

Masagus menjelaskan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada diri mereka, keluarga, dan masyarakat agar bisa dideteksi lebih awal penyebaran virus corona di Kota Pangkalpinang. "Dengan pemeriksaan lebih mendalam, kami yakin akan memberikan hasil yang lebih pasti dibandingkan rapid test atau tes cepat. Objek penelitian yang kami ambil tadi akan diuji di laboratorium di Palembang," katanya.

Ia mengimbau masyarakat Kota Pangkalpinang yang merasa terkena atau merasa ragu dengan kondisi tubuhnya dan was-was atau melakukan kontak dengan yang positif Covid-19 untuk datang ke posko gugus tugas untuk melakukan tes usap.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA