Selasa 26 May 2020 11:57 WIB

Ratu Elizabeth Pernah Sembunyi di Semak-Semak Istana

Ratu Elizabeth melakukan hal itu demi menghindari percakapan dengan seorang tamu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Ratu Elizabeth II pernah bersembunyi di semak-semak Istana (Foto: Ratu Elizabeth)
Foto: EPA
Ratu Elizabeth II pernah bersembunyi di semak-semak Istana (Foto: Ratu Elizabeth)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film dokumenter ITV "Inside the Crown: Secrets of the Royals" mengungkapkan bahwa Ratu Elizabeth II pernah bersembunyi di semak-semak Istana. Ratu Elizabeth II melakukan hal tak biasa itu demi menghindari percakapan dengan seorang tamu istana yang kontroversial.

Sosok tamu kontroversial yang dihindari oleh Ratu Inggris tersebut adalah Diktator Rumania Nicolae Ceausescu. Ceausescu pernah melakukan perjalanan ke London pada 1978 bersama istrinya, Elena. Saat melakukan perjalanan inilah, Ceausescu diundang untuk makan malam bersama keluarga kerajaan.

Baca Juga

Bertemu dengan pemimpin dunia yang kontroversial bukanlah pengalaman baru bagi sang ratu. Akan tetapi, Ratu Elizabeth II tampak tidak begitu menyukai kunjungan Ceausescu. Masyarakat Inggris pun memiliki pandangan yang serupa dengan sang ratu.

"Para jurnalis mulai menanyai menteri luar negeri, 'Mengapa kita mengundang monster ini datang ke Britania?'," ungkap jurnalis dan pembuat film Robert Hardman dalam dokumenter tersebut, seperti dilansir FOX News, Selasa (26/5).

Sebagaimana adat istiadat, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menyapa Ceausescu di stasiun kereta Victoria. Setelah itu, Ceausescu dan istrinya diantar menuju Istana Buckingham.

Suatu hari ketika Ceausescu dan istrinya masih menginap di istana, Ratu Elizabeth II sedang mengajak anjing peliharannya jalan-jalan di taman istana. Saat itu, Ratu Elizabeth II melihat Ceausescu dan istrinya datang dari arah yang berlawanan.

Pada momen itu, Ratu Elizabeth II merasa benar-benar tak bisa lagi menghadapi pasangan tersebut dan berbicara dengan mereka. Jadi untuk pertama kalinya dalam hidup, Ratu Elizabeth II bersembunyi di semak-semak taman istana untuk menghindari tamu.

Menteri Luar Negeri Inggris Lord David Owen juga mengingat insiden tersebut. Owen mengatakan Ratu Elizabeth II telah menghadapi berbagai macam orang. Akan tetapi, Ceausescu merupakan sosok yang terlalu menyebalkan bagi sang ratu.

"Ratu membuatnya cukup jelas bahwa dia tidak menyukai kunjungan tersebut," ujar Owen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement