Selasa 26 May 2020 06:57 WIB

'Umat Islam Seharusnya Jadi Contoh Terbaik Hadapi Pandemi'

Setiap individu jangan mengeluarkan pernyataan yang melukai hati masyarakat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ustaz Erick Yusuf
Foto: Republika TV
Ustaz Erick Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --- Ustaz Erick Yusuf mengajak umat Islam untuk ekstra sabar dalam memerangi pandemi Covid-19. Ustaz Erick juga mengimbau agar Muslim jangan terpancing dengan pihak-pihak yang melanggar protokol kesehatan dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penyebaran covid-19.

Menurut dia, dalam kondisi saat ini umat Islam seharusnya menjadi contoh terbaik dengan mematuhi segala protokol kesehatan dalam upaya memerangi pandemi."Kita jangan terpancing kalau ada masyarakat yang tidak mau mematuhi PSBB. Kalau mau nasihati, nasihati. Jangan terpancing kemudian kita melakukan hal yang sama. Jadi jangan, 'ayo kita membalas ketidak patuhan mereka', tidak, jangan. Umat Islam harus menjadi contoh. Perlu ekstra sabar, perlu menjadi tauladan. Insya Allah," kata ustaz Erick kepada Republika.co.id Selasa (26/5). 

Lebih lanjut ustaz Erick juga mengingatkan, dalam kondisi saat ini setiap individu diminta untuk tidak mengeluarkan pernyataan atau sindiran yang menyakitkan hati orang lain. Terlebih saat mengunakan sosial media. Ia juga meminta masyarakat berhati-hati saat menyampaikan komentar di media sosial. Dalam situasi saat ini, ustaz Erick mengingatkan agar nettizen juga menjaga akhlak di dunia maya dan tidak menyebarkan berita hoaks, adu domba atau menebar kebecian dan mencaci maki yang lainnya. 

"Kita seharusnya menyatukan hati, bersama-sama, barjamaah memerangi virus ini. Ini harus ekstra sabar. Jangan mengeluarkan komentar yang menyindir, menyakiti hati. Kalau nasihat silakan, dikemas dengan baik agar pesan yang diberikan bisa sampai," katanya.

Ustaz Erick juga mengajak agar umat Islam lebih berempati terutama terhadap masyarakat yang ekonominya terpukul karena pandemi covid-19. Ia berharap Ramadhan dan Idul Fitri yang telah dilalui oleh umat muslim dapat menumbuhkan empati dan semangat untuk berbagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement