Senin 25 May 2020 12:20 WIB

Tahfizh Jadi Program Unggulan Sekolah Islam Terpadu Al Iman

Target Al Iman menjadi sekolah berkualitas berbasis Alquran.

Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Iman Bojonggede, Bogor, menjadikan tahfizh Alquran sebagai program unggulan.
Foto: Dok SIT Al Iman
Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Iman Bojonggede, Bogor, menjadikan tahfizh Alquran sebagai program unggulan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekolah Islam Terpadu Al Iman merupakan sekolah Islam yang mengintegrasikan pelajaran umum dengan menambahkan muatan pendidikan agama dalam pembelajaran kesehariannya.  Selain itu, sekolah tersebut memiliki kekhasan tersendiri melalui bentuk program unggulan, salah satunya adalah program unggulan Tahfizh Alquran. 

SIT Al Iman berlokasi di Puri Bojong Lestari, Pabuaran,  Bojonggede,  Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sekolah itu berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Al Iman.

“Sebagai pioner bagi sekolah-sekolah Islam di Kabupaten Bogor, SIT Al Iman terus berupaya meningkatkan kualitasnya,  berkomitmen mencetak generasi yang unggul dan berkualitas, dan mewujudkan  generasi yang berakhlak dan bermoral, serta melahirkan generasi Qurani,” kata Direktur Pendidikan Perguruan Al Iman, Ahmad Farid dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, program unggulan Tahfizh Alquran  ini merupakan program yang paling diminati oleh siswa. “Tidak sedikit orangtua yang mendaftarkan putra/putrinya ke Sekolah Islam Terpadu Al Iman dengan alasan karena tertarik pada program tersebut. Dan tentu menjadi suatu kebanggaan bagi orangtua jika putra/putrinya mampu menghafal  Alquran,” ujarnya.

Farid menyebutkan, dalam pelaksanaannya program Tahfizh  tersebut dtitangani  langsung oleh Direktur Pendidikan. Artinya kendali pelaksanaan, kontrol, dan pengembangan program tahfizh  menjadi tanggung jawabnya secara khusus.  “Ini diamanahkan untuk menjaga kualitas dan ketercapaian program, mengingat program Tahfizh Alquran  termasuk kategori program unggulan,” tuturnya.

photo
Siswa Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Iman Bojonggede, Bogor, mengikuti ujian hafalan Alquran.  (Foto: Dok SIT Al Iman)

Program unggulan Tahfizh yang dikembangkan di Al iman berlaku untuk semua unit, yaitu unit TK, unit SD, dan unit SMP.  Tentu dengan pencapaian target hafalan yang berbeda-beda. “Target kami, siwa yang lulus SIT Al Iman hafal Alquran 3 – 6 juz,” kata Farid.

Ia menjelaskan, lulusan TK diharapkan sudah mampu membaca Alquran dan memiliki hafalan Alquran dari beberapa surat pendek pilihan. Untuk jenjang SD,  target capaian hafalannya adalah 3 juz  dan jenjang SMP 3 juz.  “Jadi,  jika siswa belajar jenjang SD dan SMP di Al Iman, maka siswa tersebut memiliki hafalan Alquran minimal 6 juz yang berkelanjutan yaitu Juz 25-30,” paparnya.

Ia mengungkapkan, pembelajaran tahfizh di SIT Al Iman diajarkan secara rutin, setiap hari, dan terjadwal serta menjadi bagian kegiatan pembelajaran pembuka dan penutup belajar mengajar di keseharian. Hal  ini dilakukan dengan tujuan  agar siswa SIT Al Iman gemar membaca Alquran dan semakin mencintai Alquran.

Melalui program tahfizh  ini diharapkan siswa  dan lulusan SIT Al Iman memiliki hafalan yang bisa berguna dan bermanfaat di masyarakat, serta mampu dan terbiasa menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Ahmad Farid. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement