Warga yang Hendak Shalat Id Dicek Suhunya di Cileunyi

Red: Andi Nur Aminah

Ahad 24 May 2020 11:22 WIB

Suhu tubuh warga dicek sebelum mengikuti sholat Idul Fitri 1441 H (ilustrasi) Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Suhu tubuh warga dicek sebelum mengikuti sholat Idul Fitri 1441 H (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Petugas mengecek suhu tubuh warga yang hendak menunaikan Shalat Idul Fitri di area dekat Stasiun Cimekar, Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (24/5). Petugas Palang Merah Indonesia yang berdomisili di kawasan tersebut, Usep Diman, mengatakan pengecekan suhu tubuh merupakan bagian dari upaya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covis-19 dalam pelaksanaan Shalat Idul Fitri.

"Jadi imbauan pemerintah juga, meskipun tidak diwajibkan juga, tapi kita di sini melakukan protokol yang dianjurkan pemerintah," kata Usep.

Baca Juga

Ia mengatakan bahwa ada setidaknya 75 orang yang ikut Shalat Idul Fitri berjamaah di kawasan jalan di area dekat Stasiun Cimekar. Tidak ada di antara mereka yang suhunya melebihi normal.

Warga yang menunaikan Shalat Idul Fitri di lokasi tersebut juga diminta mengenakan masker dan menjaga jarak dengan warga yang lain. "Kita juga sudah menyemprotkan disinfektan. Kita semprot pada malam tadi, sebelum shalat, terus sesudah shalat, jadi tiga kali kita melakukan penyemprotan," kata Usep.

Selain itu ada petugas yang menyemprotkan cairan pembersih tangan kepada setiap orang sebelum dan sesudah shalat. "Kalau engak salah di sini, zona kuning, tapi saya belum tahu perkembangannya, mudah-mudahan sehat semuanya," kata Usep.

Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bandung, di Kecamatan Cileunyi ada empat orang dalam pemantauan (ODP) dan dua pasien dalam pemantauan (PDP) terkait penularan virus corona.

Hingga saat ini jumlah pasien Covid-19 di Cileunyi total enam orang. Dua orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan satu orang lainnya meninggal dunia.