Sabtu 23 May 2020 20:37 WIB

Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona, Walubi Puji Umat Islam

Walubi memuji sikap umat Islam yang tabah rayakan Idul Fitri di tengah Covid-19

Rep: Zainur Mahsir/ Red: Bayu Hermawan
Idul Fitri Ilustrasi
Foto: Republika/Wihdan
Idul Fitri Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Suhadi Sandjaja memuji sikap umat Muslim yang tetap tabah dan merayakan hari raya Idul fitri 1441 di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, sikap tersebut bisa menjadi contoh umat beragama lainnya.

"Ini menjadi hikmah bagi semua umat. Dan semoga umat beragama lainnya bisa meneladani apa yang dilakukan Muslim," ujarnya kepada Republika.co.id, Sabtu (23/5).

Baca Juga

Suhadi melanjutkan, umat muslim telah menunjukan sikap tertib sesuai protokol pemerintah dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan terakhir. Untuk itu, Walubi juga yakin umat muslim bisa merayakan Idul Fitri sesuai dengan protokol kesehatan.

"Sehingga, diharapkan dengan hal itu bisa menurunkan perbandingan jumlah Covid-19," ucapnya.

Jika hal itu bisa dilakukan oleh Muslim, kata dia, hidup berdampingan dengan Covid-19 bukan hal yang mustahil dilakukan. Bahkan, sikap demikian sangat dimungkinkan dicontoh umat beragama minoritas lainnya di Indonesia.

"Bahkan, bukan hanya melakukan hal yang sama, diharapkan umat beragama lain juga bisa lebih baik, jika melihat kedewasaan umat Muslim yang ditunjukkan di Indonesia," katanya.

Suhadi berharap, sebagai masyarakat beragama, menaati peraturan dan menghindari pantangan tertentu telah menjadi gaya hidup. Termasuk sikap yang ditanamkan dalam setiap kegiatan sehari-hari.  Karenanya, dengan melakukan protokol kesehatan sesuai saran pemerintah dan otoritas terkait, diharapkan Covid-19 bisa ditaklukan secepat mungkin.

"Dan semoga pandemi Covid-19 ini bisa menjadi hikmah yang baik, utamanya mengarahkan kita ke dalam suasana hidup normal yang baru. Semoga Covid-19 juga bisa melatih disiplin dan seiring waktu menjadi new normal life," ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan Pengurus Perwakilan Umat Budha Indonesia, Budi Tan. Dia juga berharap, seiring datangnya hari yang fitri bagi umat Muslim, Covid-19 bisa berlalu, dan diharapkan lapangan kerja bagi siapapun yang kehilangan dan membutuhkan, bisa kembali terbuka lebar.

"Perkenankanlah kami sekeluarga menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H kepada teman-teman Muslim yang merayakannya. Mohon maaf lahir dan batin," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement