Tuesday, 23 Zulqaidah 1441 / 14 July 2020

Tuesday, 23 Zulqaidah 1441 / 14 July 2020

Pandemi Covid-19, Gubernur Sumbar tak Gelar Open House

Sabtu 23 May 2020 20:07 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Bayu Hermawan

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit

Foto: Republika/Febrian Fachri
Gubernur Sumbar akan melaksanakan sholat id di rumah dan tak gelar open house.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno akan melaksanakan sholat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah dinas di Jati Baru, Kota Padang, Ahad (24/5). Sholat id di rumah dilakukan dalam rangka mengikuti protokol kesehatan dan menghindari kerumumunan di kala pandemi Covid-19.

Baca Juga

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumbar, Jasman Rizal mengatakan gubernur mengikuti anjuran MUI dan pemerintah pusat yang mengimbau dengan keras agar masyarakat melaksanakan sholat Id dengan keluarga inti di rumah saja. Karena hingga saat ini sampai 29 Mei nanti Sumbar masih dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Pak Gubernur bersama istri Nevi Zuairina dan keluarga besarnya sholat id di kediaman di rumah dinas gubernur Sumbar," kata Jasman kepada Republika.co.id, Sabtu (23/5).

Selain melaksanakan sholat id di rumah saja, Gubernur Sumbar kata Jasman juga meniadakan kegiatan open house. Karena open house juga berpotensi menciptakan keramaian dan bisa memperpanjang mata rantai penularan virus corona.

Sementara itu menurut Jasman, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga akan menggelar sholat  id di kediaman di Rumah Dinas Wakil Gubernur di Jalan Raden Saleh Kota Padang bersama keluarga inti saja. Sama dengan Gubernur, Nasrul Abit juga meniadakan gelaran open house.

Tahun-tahun sebelumnya Pemprov Sumbar menggelar sholat Id berjamaah di halaman Kantor Gubernur Sumbar di Jalan Jenderal Sudirman No. 51, Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Sholat id di halaman Kantor Gubernur Sumbar biasanya diikuti Gubernur, Wakil Gubernur, Sekretaris daerah, Forkopimda beserta OPD.

Selain di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Pemprov juga meniadakan pelaksanaan sholat id di Masjid Raya Sumbar yang notabene di bawah naungan Pemprov Sumbar.  Jasman meminta warga Sumbar juga menggelar sholat id di rumah masing-masing terutama bagi mereka yang berada di wilayah atau zona merah. 

Jasman juga yang juga merupakan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan karena virus corona masih terus mengintai warga yang lengah menjaga diri. Protokol kesehatan yang dimaksudkan Jasman seperti mencuci tangan secara rutin dan menggunakan handsanitizer, selalu memakai masker setiap keluar rumah, mengurangi aktivitas di luar rumah dan selalu menjaga jarak. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA