Sabtu 23 May 2020 17:11 WIB

Bupati Mulkan Tegaskan tidak Ada Takbir Keliling

Pelarangan takbir keliling untuk menghindari kerumunan demi mencegah Covid-19.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Bupati Bangka Mulkan.
Foto: Antara
Bupati Bangka Mulkan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA -- Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan menegaskan, tidak ada takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah seperti tahun sebelumnya dengan alasan menghindari kerumunan mencegah penyebaran Covid-19. "Saya pastikan malam ini tidak ada pawai atau takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri," katanya di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (23/5).

Selain tidak melaksanakan takbir keliling kota kata dia, dirinya bersama wakil bupati tidak akan mengadakan gelar griya (open house) di rumah dinasnya pada hari Lebaran pada Ahad (24/5). "Tidak dilaksanakannya takbir keliling kota dan open house semata-mata untuk menghindari kerumunan orang banyak, di tengah penyebaran wabah Covid-19," jelasnya.

Begitu halnya shalat Idul Fitri, Mulkan menyarankan, masyarakat untuk dilaksanakan sholat Idul Fitri di rumahnya masing-masing meskipun tidak melarang jika ada yang akan melaksanakan baik di masjid atau di lapangan.

"Bagi yang melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid atau di lapangan, hendaknya harus mematuhi ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak," jelas Mulkan.

Meskipun shalat Idul Fitri dilaksanakan di rumah, Mulkan berharap, tidak mengurangi makna dan nilai pahala shalat tersebut mengingat dalam kondisi pandemi Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement